Berwisata merupakan kegiatan yang perlu dilakukan. Setelah sehari-hari disibukkan dengan segala aktivitas yang menyita waktu, tenaga dan pikiran, berwisata bisa bermanfaat untuk mengembalikan kebugaran kita. Lebih asyik lagi jika membawa keluarga termasuk bersama anak-anak tercinta. Namun tentu saja perlu ada yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan seperti jika harus berwisata membawa bayi. Sehingga membuka sumber-sumber informasi terkait tips-tips dan informasi wisata juga perlu dilakukan untuk persiapan yang lebih matang.

Memiliki anak, apalagi masih bayi bukanlah menjadi penghalang untuk anda berwisata. meskipun sebagian orang menyangka bahwa membawa bayi saat berwisata bersama keluarga itu cukup merepotkan. Beberapa kebiasaan perlu sedikit diubah dan disesuaikan dengan kondisi dan rutinitas dari si kecil. Tentu saja tidak bisa dikatakan tidak merepotkan, namun ada beberapa hal yang bisa kita praktikkan sehingga meskipun membawa bayi, kita tetap bisa menikmati wisata bersama keluarga dengan semaksimal mungkin dan bayi kita tercinta tetap terjaga dan terpenuhi kebutuhannya. Simak beberapa tips wisata bersama bayi berikut ini.

Tips berwisata bersama Bayi supaya lebih menyenangkan

Salah satu manfaat berwisata adalah kebahagiaan yang bisa kita rasakan. Melihat keluarga termasuk anak-anak dan bayi kita berbahagia tentu saja membuat kita berbahagia juga. Maka, tips berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sehingga semua bisa menikmati perjalanan wisata dengan semaksimal mungkin tidak terkecuali untuk si kecil.

Wisata Membawa Bayi, sumber ig lanydekathryn

Wisata Membawa Bayi, sumber ig @lanydekathryn

1. Perencanaan booking yang matang

Setelah memutuskan untuk mengajak bayi, hindari kebiasaan booking last minute atau bahkan go show. Semua harus dilakukan dengan perencanaan jauh-jauh hari. mengusahakan untuk merencanakan miinimal sekitar 3 bulan sebelumnya, dalam jangka yang cukup lama ini membuat anda bisa mempersiapkan perencanaan. Mulai dari perencanaan transportasi yang akan digunakan, tempat penginapan, dan destinasi yang akan dikunjungi yang sebisa mungkin baby-friendly. Mengingat untuk kenyamanan si kecil selama berwisata.

2. Persiapkan keperluan bayi dengan teliti

barang bawaan yang diperlukan ketika berwisata pasti akan bertambah dengan mengajak si kecil. Minimal 3 hari sebelum keberangkatan sudah mulai membuat daftar barang yang perlu dibawa untuk menghindari barang tertinggal. Berikut barang yang perlu dibawa untuk tetap membuat bayi merasa nyaman selama berwisata:

  • membawa stroller, dengan stroller anda bisa menikmati liburan meskipun bayi tertidur. Bayi akan merasa lebih nyaman tidur di dalam stroller daripada digendongan.
  • Membawa perlengkapan perobatan terutama untuk obat penurun panas, flu, dan pusing.
  • Membawa baju bayi sesuai dengan jumlah hari selama berwisata, jangan lupa untuk membawa perlengkapan lainnya seperti bedong, kaos kaki, selimut, sepatu, dan topi.
  • membawa mainan, yang digunakan agar bayi tidak merasa bosan selama perjalanan

perlengkapan lain, seperti tisu basah yang perlu dibawa jika bayi tidak sempat untuk mandi, membawa stiker nyamuk untuk dipasangkan di sekitar bayi ketika melakukan perjalanan di tempat terbuka dan lain-lain.

3. Menyiapkan waktu Ekstra

Mengajak bayi berwisata artinya harus siap dengan kejadian di luar rencana, karena aktivitasnya yang kerap kali berubah-rubah maka anda harus bisa mempersiapkan waktu ekstra di setiap perencanaan yang telah dibuat.

4. Perhatikan jadwal bayi

Selama berwisata, membuat rencana perjalanan yang disesuaikan dengan jadwal si kecil. Biasanya bayi telah mempunyai jadwal reguler untuk jam tidur pagi, jam tidur siang, waktu, makan, bermain, dsb. Dengan mengenali jadwal bayi dapat menghindari si kecil yang rewel akibat dari jadwal yang tidak depat.

5. Jangan memaksakan kondisi

Kondisi tubuh orang dewasa dengan bayi pastilah berbeda. Cukup 1-2 tempat wisata dalam sehari. Berpindah dari satu destinasi ke destinasi lain bisa menganggu jadwal tidur bayi. Selain itu, menjaga bayi sendiri saat berwisata merupakan aktivitas yang cukup melelahkan, apalagi jika harus banyak berpindah akan membuat bayi kelelahan. Jangan lupa untuk cek kondisi tubuh bayi selama perjalanan berwisata.

Demikian ulasan mengenai tips berwisata membawa bayi yang bisa Anda praktikkan. Semoga bisa membantu dan menjadi informasi yang bermanfaat untuk perjalanan wisata bersama keluarga Anda. Simak ulasan lainnya mengenai tips-tips dan informasi wisata Jogjakarta di halaman paket wisata Jogja antarejatour.com. Selamat berwisata!