+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Jogjakarta bisa dikatakan salah satu daerah yang memiliki berbagai macam jenis wisata. Di sini terdapat obyek wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja dan wisata kuliner. Seluruh obyek wisatanya tersebar di Jogjakarta dan sekitarnya. Untuk wisata kuliner sendiri misalnya. Selain terdapat beraneka ragam kuliner khas, pilihan tempat untuk satu kuliner saja bisa banyak. Seperti wisata kuliner bakso. Terdapat banyak tempat wisata kuliner bakso yang bisa dikunjungi, tentunya terdapat perbedaan antara satu dan yang lainnya. Meski sama-sama menyajikan bakso, namun di setiap tempat memiliki ciri khas tersendiri pada santapan bakso nya.

Bakso memang merupakan santapan yang terkenal di seantero Indonesia. Selalu saja ada inovasi terbaru untuk bisa bersaing menampilkan bakso dengan ciri khasnya masing-masing. Tidak terkecuali Jogja. Ada banyak tempat kuliner bakso yang bisa dinikmati. Namun tidak semua tempat kuliner bakso menjadi favorit terutama bagi para wisatawan yang berkesempatan untuk menikmati wisata Jogja. Nah, berikut ini kami sediakan beberapa pilihan tempat wisata kuliner bakso Jogjakarta yang menjadi favorit.

Tempat Kuliner Bakso Terkenal

Di setiap daerah, terdapat banyak tempat makan bakso favorit. Semuanya memang bergantung selera masing-masing. Untuk tempat-tempat yang layak dicoba, paling tidak bisa diketahui dari seberapa ramai tempat makan bakso tersebut dan berapa banyak cabangnya. Nah, berikut ini adalah tempat wisata kuliner bakso yang terkenal dan legendaris.

1. Bakso paru Pak Kintel

Bakso ini memiliki dua lokasi, yang pertama berada di bawah Jembatan Janti dan yang kedua di Jl. Jenderal Sudirman 57 atau tepat berseberangan dengan McDonald Jogjakarta. Konon, bakso ini sudah ada sejak awal tahun 80-an. Adapun perintisnya adalah Pak Trisno atau biasa dikenal sebagai Pak Kintel. Ciri khas yang dimiliki bakso Pak Kintel ini adalah karena menggunakan potongan paru sapi.

Kuahnya juga sangat gurih dan tekstur baksonya sangat lembut namun rasa dagingnya tetap sangat terasa. Satu porsi baksi dihargai Rp 9.000. Selain itu rupanya tak hanya bakso, ada juga mie ayam seharga Rp 8.000 dan es campur yang harganya fantastis sangat murah sekitar Rp 3.500. Gimana? Mau coba?

Wisata Kuliner Bakso Klenger, sumber ig baksoklenger

Wisata Kuliner Bakso Klenger, sumber ig @baksoklenger

2. Bakso Klenger Ratusari

Selain Pak Kintel ada juga bakso yang cukup mencuri perhatian namanya Bakso Klenger Ratusari. Bakso ini berlokasi di Jl. Wahid Hasyim no. 296 Nologaten, Sleman, Yogyakarta. Yang menarik dari bakso ini adalah karena ada bakso berukuran raksasa dengan berat mencapai 1kg! Bakso jumbo tersebut dihargai Rp 75.000, sedangkan bakso lain yang biasa harganya mulai dari Rp 15.000.

Hal spesial dari bakso klenger ini adalah karena ukuran baksonya beragam. Mulai dari 250 gram sampai 1kg. Teksturnya pun sangat lembut sampai rasa daging sapinya sangat nikmat dan terasa. Selain itu ada juga bakso telur yang wajib dicoba! Sudah dapat dipastikan bahwa bakso ini akan membuat puas dan kekenyangan.

3. Bakso Bethesda 74

Kemungkinan Bakso Bethesda 74 ini merupakan bakso tertua di Jogjakarta. Karena Pak Maryono Mardisiswanti yang merupakan pemiliknya sudah merintis warung bakso tersebut sejak era 60-an. Hebatnya lagi, setiap hari bakso ini tak pernah sepi pembeli. Adapun menu andalannya adalah bakso kriuk dan tahu bakso. Rasanya sangat nikmat dan memanjakan lidah.

Selain berada di dekat Rumah Sakit Bethesda, Bakso Pak Maryono juga bsia ditemukan di Jl. Gondosuli No. 5, Jl. Jagalan No. 41B dan foodcourt Ambarukmo Plaza. Harganya pun murah meriah mulai dari Rp 16.000 dan buka pukul 10.00 hingga 20.00. Sangat sayang untuk dilewatkan, bukan? Harus banget dicoba nih!

4. Bakso Tengkleng Mas Bambang

Untuk Anda yang ingin merasakan sensasi makan bakso dengan sajian kuah tengkleng dan daging sapi didalamnya, cobalah untuk mengunjungi Bakso Tengkleng Mas Bambang. Dengan harga per porsinya berkisar Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 sajian khas yang berbeda dengan bakso pada umumnya ini dapat Anda nikmati. Selain itu terdapat pula sajian menu varian bakso lainnya dan aneka minuman segar untuk menemani sajian bakso yang Anda nikmati.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata kuliner bakso favorit di Jogjakarta yang patut untuk Anda coba. Semoga bisa menghibur dan memberikan tambahan informasi bagi Anda. Simak ulasan mengenai informasi dan tips-tips wisata Jogjakarta lainnya di halaman Antarejatour.com. Selamat menikmati wisata Anda!