Berwisata memang menjadi alternatif setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang pada dan menguras energi. Bukan berarti berwisata tidak memerlukan energi, tetapi memang berwisata memberikan sensasi refresh mengembalikan ketenangan dan energi baru untuk melnajutkan hari-hari setelah liburan nantinya. Maka manfaatkanlah waktu berliburan Anda. Anda bisa berwisata bersama keluarga ke tempat-tempat yang menyenangkan yang ada di seluruh Indonesia, salah satunya Jogjakarta.

Jogjakarta memiliki banyak daya tarik wisata. Dengan daya tariknya, penduduk setempat bersama warga menyediakan berbagai fasilitas wisata untuk para wisatawan. Mulai dari paket wisata Jogja, tour guide, rental mobil wisata, rental bus wisata dan fasilitas-fasilitas lainnya. Tidak heran, berbagai cara wisatawan datang ke sini sesuai dengan passion liburan mereka masing-masing. Ada yang wisata ala koper sampai wisata ala ransel alias backpacker-an.

Pernahkah anda berfikir untuk melakukan liburan atau melakukan perjalanan seorang diri? tanpa seorang pendamping perjalanan atau tanpa seorang pun yang dikenal. Menurut beberapa orang melakukan perjalanan seorang diri itu perlu dilakukan setiap orang. hal ini untuk membantu kita belajar bertahan hidup dan mengenal diri. bagaimana cara traveling sendiri?

Kali ini kita akan membahas cara traveling seorang diri agar dapat membantu anda menikmati perjalanan dan petualangan nantinya. Ini dia :

1. Bulatkan mental untuk berani dan percaya diri

Langkah pertama yang harus anda siapkan adalah mental. Karena dalam traveling anda ini adalah perjalanan seorang diri. pastikan anda yakin, dan percaya diri. mindset untuk berani ini akan membantu langkah traveling anda lebih mantab dan menyenangkan. jika hati anda masih diliputi oleh ketidakyakinan mengenai kemampuan anda, anda akan kualahan nantinya. Jangan mengeluh.

2. Tentukan tujuan yang jelas

Langkah ke dua yang juga penting adalah menentukan destinasi yang jelas. jadi anda akan dengan jelas juga mengetahui rute yang mana yang akan dilalui. Hal ini akan memperkecil peluang anda untuk tersesat.

3. Bawa bekal seringkas mungkin

Solo Traveller, sumber ig danalejandro12

Solo Traveller, sumber ig @danalejandro12

Karena perjalanan wisata sendiri, pasti anda tak mau repot dengan beban berat kan? Untuk itu pastikan bawa bawaan dengan ringkas. Bawalah satu ransel saja, jangan gunakan yang ukuran besar. selain desain ransel yang nyaman karena punggung tak mudah lelah karena disangga dua tali, ini juga membantu anda untuk tak menenteng barang sana-sini.

4. Bawa handphone atau alat komunikasi

Berjaga-jaga jika anda akan kehilangan arah atau kebingungan handphone akan cukup membantu anda terhubung dengan orang lain, untuk menggunakan g-maps, menghubungi nomor darurat, atau bahkan melakukan pemesanan tiket perjalanan. Juga menjadi pilihan terakhir jika anda merasakan kesepian saat tak menemukan orang baru yang bisa diajak ngobrol atau menemukan suasana baru yang menarik.

5. Nikmati suasana

Menikmati suasana sekeliling selama perjalanan ataupun saat di tempat baru adalah hal wajib yang harus anda lakukan. Itu karena suasana baru itu mungkin akan terasa lebih berharga ketika ana berada di tempat itu dengan orang-orang baru, dan mengharuskan anda untuk beradaptasi sebaik mungkin. Momen seperti itu langka bukan?

6. Jangan pernah ragu

Ragu hanya akan menghalangi langkah anda untuk mengetahui hal-hal baru di luar sana. Tanamkan diri bahwa perjalanan traveling sendirian itu menyenangkan dan layak di coba.

7. Bawa kompas jika perlu

Tips traveling sendiri yang ke tujuh ini tidak wajib, namun tidak ada salahnya membawanya. Jika anda membawa map/peta atau menggunakannya maka kompas adalah salah satu hal yang wajib. Karena beberapa orang akan kebingungan menentukan arah mata angin saat berada di tempat baru.

Itu dia beberapa hal yang harus anda persiapkan selama traveling sendirian. Bagaimana anda mau mencobanya? Jangan lupa untuk menyiapkan setiap poin dari tips traveling sendiri di atas ya. Demikian beberapa hal dan informasi yang bisa kami ulas tentang solo traveller untuk yang baru pertama kali mencobanya. Yang penting dari semuanya adalah untuk tetap selalu waspada dimanapun Anda berada. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menyimak informasi-informasi wisata dan tips-tips wisata lainnya yang ada di antarejatour.com. Selamat menempuh perjalanan wisata Anda.