Menikmati liburan dengan berwisata memang salah satu yang tidak bisa dilewatkan. Setelah setiap harinya disibukkan dengan berbagai aktivitas yang menyita waktu, pikiran dan menghabiskan tenaga, berwisata bisa menjadi pelampiasan dan obatnya. Saat ini banyak alternatif wisata di Indonesia. Daerah-daerah yang sering ramai dikunjungi seperti Bali, Jogjakarta, Lombok masih menjadi rekomendasi semuanya. Namun di setiap daerah terdapat jenis-jenis paket wisata yang bisa dikatakan hampir sama. Nah, yang perlu Anda lakukan adalah memilih dan merencanakan bagaimana Anda akan menghabiskan waktu ketika berwisata.

Siapa yang sedang bingung karena ingin berlibur tapi takut dengan biaya mahal? Biaya memang menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan untuk melakukan wisata. Karena pembiayaan inilah yang nantinya menentukan seperti apa aktivitas liburan yang akan Anda nikmati. Namun jangan khawatir, jika Anda berada di Indonesia apalagi memilih Jogjakarta sebagai tujuan wisata Anda, selalu ada alternatif untuk bisa menikmati liburan dan wisata Anda dengan memuaskan dengan pembiayaan yang ringan. Nah, apa saja tempat-tempat dan aktivitas wisata dan liburan yang bisa mengasyikkan untuk dinikmati dengan biaya yang ringan? Berikut ini akan kami ulas beberapa pilihan paket liburan murah yang mungkin dapat anda dan keluarga coba selama liburan berlangsung.

1. Museum

Museum adalah tempat yang menyediakan pembelajaran bagi pengunjungnya mengenai suatu hal. Wisata edukasi yang saatu ini cocok untuk segala usia. Biasanya di setiap kota memiliki gedung museum khas mereka sendiri. misalnya saja museum keris, museum batik, museum kereta api, dan sebagainya.

Tiket masuk ke museum dapat dikatakan murah meriah. Harga tiket masuk mulai dari 5.000 rupiah per kepala, atau bahkan beberapa diantaranya tidak mematok tarif. Selain sebagai sarana edukasi anda dapat menikmati suasana masa dulu dengan melihat berbagai koleksi benda yang di pajang di museum yang biasanya dikumpulkan dari jaman dahulu hingga sekarang.

2. Liburan ke Pantai

Semua orang nampaknya suka pantai, liburan murah berikutnya adalah ke pantai. Dengan biaya tiket yang terjangkau anda dapat menikmati suasana alam lautan dan bermain air bersama sanak famili di tempat terbuka ini. tak perlu biaya mahal karena anda hanya perlu menyediakan uang untuk tiket masuk, parkir, dan makan disana.
Berbeda halnya jika anda berkunjung ke tempat wahana permainan yang biasanya mengharuskan anda berulang-ulang mengeluarkan uang untuk mencoba setiap wahana yang tersedia.

3. Kamping

Bagi anda yang suka berpetualang. Kamping atau berkemah bisa jadi pilihan untuk berlibur saat masa liburan tiba. Menyatu denan alam dan mencoba menikmati semua yag tersedia dialam, serta belajar untuk memanfaatkan apapun yang ditemukan menjadikan pengalaman berkemah semakin menyenangkan. Pembiayaan saat anda kamping juga bisa dibilang murah. Karena dimanapun anda bisa mendirikan tenda. Anda juga tak perlu bawa bekal berlebih karena bisa mencari makanan dengan petualangan saat kemah dengan teman se-tenda anda.

Hiking, sumber ig makoysworld

Hiking, sumber ig @makoysworld

4. Mendaki gunung

Aksi para hikers, pemanjat gunung yang suka melakukan lintas alam dengan menaiki gunung untuk sampai ke puncak bisa anda coba. Biaya yang perlu anda keluarkan untuk dapat enaiki puncak juga relatif murah. Biasanya, tarif di patok per tim. Jadi tidak berat, per tim bisa terdiri dari belasan orang. jika biaya panjatnya adalah 200.000 per tim maka jika dibagi dengan 10 orang, tiap orang hanya membayar 20.000. Dengan uang 20.000 ribu itu anda sudah mendapat izin untuk memanjat, dan mendapat jaminan keselamatan dari pihak pemantau di gunung tersebut. selain itu, anda dapat menemukan pengalaman baru yang hanya anda dapat ketika memanjat, menikmati suasana alam, mencoba bertahan dengan segala cuaca yang mungkin di temui selama pendakian, belajar kerjasama tim, makan dan istirahatdi alam terbuka dan sebagainya. menarik bukan?

Itu dia beberapa referensi dari paket liburan murah yang dapat anda lakukan selama musim liburan. Karena liburan tak mesti mahal, jadi jangan tunda untuk berlibur. Nikmati masa libur anda sebaik mungkin. Demikian ulasan yang bisa kami persembahkan, semoga bisa menambah referensi berliburan Anda. Simak ulasan menarik lainnya mengenai tips dan informasi wisata di halaman kami. Selamat berwisata!