+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Menjelang pergantian tahun biasanya setiap orang akan bepergian menuju tempat – tempat wisata yang mereka inginkan. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang yang amat sibuk dan sangat ingin menikmati liburan akhir tahun. Maka Anda perlu itinerary atau merancang liburan dengan sebaik mungkin. Terkait tempat wisata yang akan dikunjungi, sebenarnya banyak tempat wisata bagus untuk dikunjungi dan salah satunya adalah kota Gudeg atau Jogjakarta.

Jogjakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang kaya akan obyek wisatanya. Obyek-obyek wisata ini tersebar hampir di seluruh daerah di Jogjakarta. Terdapat obyek wisata pantai yang menjadi ikon Kabupaten Gunungkidul. Untuk pilihan desa wisata Anda bisa mencarinya di Kabupaten Kulon Progo. Untuk wisata budaya dan sejarah kebanyakan berada di Kota Jogjakarta dan Kabupaten Sleman. Selain obyek-obyek wisata yang tersebar ini, wisatawan juga dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas wisata yang terdapat di sini seperti jasa rental mobil, jasa sewa bus wisata, paket wisata Jogja, penginapan dan hotel serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Tips Membuat Itinerary Untuk Wisata Jogja

Membuat itinerary sangat bermanfaat bagi perjalanan wisata. Itinerary atau seperti rencana perjalanan dan agenda kegiatan dapat membantu agar perjalanan wisata benar-benar efektif dan berjalan lancar. Karena memang ide untuk menikmati wisata tidak datang begitu saja. Apalagi bagi wisatawan yang sudah jauh-jauh datang, maka menysusn rencana dan agenda berliburan amatlah penting. Berikut ini ada beberapa tips membuat itinerary untuk berwisata ke Jogjakarta;

1. Menentukan Tujuan Wisata

Menentukan tempat yang menjadi tujuan untuk berwisata adalah langkah awal dalam membuat itinerary. Jika kita akan mengunjungi kota Jogjakarta maka kita dapat menggunakan mesin pencari melalui internet untuk mencari tempat unik dan menarik yang patut dikunjungi. Misalnya, Punthuk Setumbu, Malioboro, Keraton dan lain sebagainya. Kemudahan akses ini juga akan mengefisienkan waktu berkunjung kesana.

2. Menentukan Apa yang Akan Dilakukan

Setelah menentukan tempat tujuan wisata di sana, maka diperlukan pula untuk menentukan apa yang akan dilakukan juga. Sebenarnya apa yang akan kita eksplor dan sesuaikan dengan estimasi waktu kunjungan ke tempat wisata. Terlebih lagi tempat wisata yang dikunjungi merupakan tempat baru, sehingga kita dapat mengekspor hal – hal baru yang mungkin dapat dilakukan di destinasi wisata itu.

3. Memperhatikan Waktu dan Biaya yang Diperlukan

Obyek Wisata Bukit Panguk Kediwung Jogjakarta, sumber ig jelajahijogja

Obyek Wisata Bukit Panguk Kediwung Jogjakarta, sumber ig @jelajahijogja

Seiring dengan kunjungan – kunjungan wisata yang dilakukan kita jangan lupa untuk memerhatikan waktu serta besarnya biaya yang nantinya akan ditanggung. Agar lebih waktunya lebih efektif maka siapkanlah berapa lama waktu kunjung di setiap tempat atau destinasi tujuan wisata kita. Perhatikan pula tarif pada setiap tempat wisata yang dikunjungi. Kalau bisa cari tahu terlebih dahulu besarnya biaya yang harus dibayarkan melalui internet. Biasanya di internet menyajikan banyak paket – paket wisata dari berbagai travel perjalanan wisata.

4. Memperhatikan Cuaca

Pada musim hujan seperti sekarang ini, maka kita lebih memerhatikan cuaca juga saat berwisata. Jangan sampai saat momen terbaik wisata menjadi gagal total akibat cuaca. Persiapkan semuanya dengan baik, bisa dari segi perlengkapan misalnya, dengan membawa jas hujan atau payung agar dapat melindungi diri kita dari hujan.

5. Membuat Prioritas Perjalanan

Skala prioritas sangat penting untuk digunakan dalam perjalanan. Di saat waktu kita tak sebanyak saat melakukan tugas pekerjaan maka agar lebih terpadatkan lagi jadwal itinerarynya, tentu kita harus membuat prioritas perjalanan wisata mana yang akan terlebih dahulu dikunjungi. Jangan sampai tempat yang harusnya dikunjungi menjadi terlewatkan begitu saja.

6. Tambahkan Catatan atau Data Penting

Menambahkan catatan atau data penting saat kita membuat itinerary akan membantu kita dalam melakukan sebuah perjalanan. Misalnya, kita menambahkan nomor – nomor penting yang dapat dihubungi saat di sana, yaitu nomor hotel, jasa rental mobil bahkan alamat tempat wisata atau teman karib yang ingin kita kunjungi juga perlu.

Jadi, demikianlah ulasan singkat mengenai tips membuat itinerary untuk berwisata ke Jogjakarta. Semoga tips yang dibagikan tadi dapat memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk menyimak terus informasi dan tips wisata Jogjakarta di halaman Antareja tour. Selamat menikmati wisata Anda!