+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Stonehenge Cangkringan adalah spot wisata baru yang unik. Biasanya Stonehenge dikenal sebagai salah satu lokasi wisata menarik di Inggris, namun di Indonesia juga dikenal Stonehenge Jogja.

Stonehenge Jogja adalah spot wisata unik dan instagrammable yang akhir-akhir ini muncul di time line dan berita-berita. Selain karena keunikannya, banyak diantara pengunjung yang baru mengetahui dan penasaran.

Dengan menggunakan layanan paket wisata jogja, mengunjungi spot wisata ini dan spot wisata Jogja lainnya di dekat Merapi seperti kali kuning yang juga menarik bisa menjadi lebih mudah. Berikut review Stonehenge Merapi untuk Anda.

Stonehenge Merapi Jogja

Pernahkah Anda mendengar Stonehenge di Inggris? Atau mungkin beberapa dari Anda ada yang sudah pernah kesana? Nah, bagi Anda yang sama sekali belum pernah mengetahui tentang itu, tidak perlu khawatir dan tidak perlu jauh- jauh ke Inggris.

Stonehenge Merapi Jogja, sumber ig prasarana_destination

Stonehenge Merapi Jogja, sumber ig @prasarana_destination

Di Yogya tepatnya di lereng gunung merapi dengan lahan rerumputan hijau seluas 200 meter persegi terdapat Stonehenge Merapi Yogya. Meskipun hasil kreativitas manusia namun tempat ini dirancang semirip mungkin dengan stonehenge di Inggris untuk dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Batu-batu yang digunakan untuk membangun ini berasal dari batu-batu bekas erupsi Merapi. Monumen serupa dengan Stonehenge ini dibuat dengan ketinggian batuannya kurang lebih 4 meter. Tentu saja ini sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto selfie maupun bareng keluarga dan teman-teman Anda.

Bedanya hanya Stonehenge di Inggris terbentuk secara alami sedangkan stonehenge di Yogya merupakan hasil kreativitas tangan manusia. Meskipun begitu, obyek wisata Stonehenge Merapi Yogyakarta ini menjadi salah satu karya yang luar biasa dari seorang manusia.

Alangkah baik nya jika Anda datang ke tempat ini pada waktu siang hari ketika matahari tepat berada di atas kepala kita, karena sinar matahari akan membuat bangunan ini menjadi indah sekali. Lokasi wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00- 18.00 WIB.

Lokasi dan Rute

Sebenarnya destinasi wisata Stonehenge Merapi Yogya ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Desa Kepuharjo. Tepatnya terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masih satu kecamatan dengan wisata bukit Klangon yang biasa dipakai sebaai trek downhill.

Stonehenge Merapi Jogja, sumber ig jeepmerapibelantaraadventure

Stonehenge Merapi Jogja, sumber ig @jeepmerapibelantaraadventure

Di Desa Kepuharjo ini memang ada beberapa destinasi wisata yang dibuat setelah bencana erupsi Merapi, seperti The Lost World Castle, landmark Merapi Park dan spot wisata lainnya. Dari kota Yogyakarta Stonehenge Merapi ini hanya berjarak 30 km, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk sampai di lokasi ini, dari Kota Yogyakarta Anda harus mengambil jalur menuju Jalan Kaliurang kabupaten Sleman, lalu Anda bergerak menuju jalan Kaliadem, kemudian melewati Bebeng, memasuki Dusun Petung, lalu melewati Kopi Merapi, kemudian terus menuju ke timur, dan Anda akan sampai di lokasi wisata ini.

Nama : Stonehenge Jogja
Alamat : Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kecamatan Sleman, Yogyakarta 55583

Fasilitas

Stonehenge Jogja merupakan spot wisata yang sering dijadikan tempat untuk berfoto ria. Namun memang tidak begitu dijadikan sebagai tempat untuk bersantai atau piknik dan menghabiskan waktu di lokasi.

Meskipun begitu, tempat ini sudah memadai untuk menjadi lokasi wisata dengan ketersediaan fasilitas seperti tempat parkir dan toilet. Ketersediaan fasilitas memang dibatasi sehingga tidak begitu memerlukan pembangunan demi menjadi lingkungan alamnya yang khas Merapi Jogja.

Informasi Harga

Untuk mengunjungi lokasi ini, para pengunjung perlu mengeluarkan harga tiket masuk per orang dan biaya parkir per kendaraan. Namun biayanya masih relatif terjangkau yaitu cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000, untuk biaya parkir motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000.

Informasi Tambahan

Tidak hanya stonehenge ini saja yang dapat Anda nikmati, namun juga masih ada  tempat- tempat lainnya di sekitarnya. Bagi Anda penggemar kopi Robusta maupun Arabika, Anda dapat mengunjungi warung Kopi Merapi yang terletak di kaki gunung merapi.

Stonehenge Merapi, sumber ig ayodolan

Stonehenge Merapi, sumber ig @ayodolan

Selain itu juga ada Museum Mini Sisa Harta ku I (Rumah Bapak Kimin). Museum ini berisi sisa-sisa barang yang dikumpulkan oleh anak dari Bapak Kimin.

Sebenarnya lokasi wisata ini berada di kawasan rawan bencana. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena akan ada petugas yang menunjukkan jalur evakuasi yang dapat Anda lalui. Bagaimana, ingin mencoba berkunjung ke sini? Dijamin anda akan merasakan sensasi yang berbeda.

Nantikan berbagai artikel wisata di Jogja serta tips-tips wisata lainnya di halaman antarejatour.com. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda.