+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Panorama alam Kota Yogyakarta yang begitu mempesona, bukan berarti kota yang identik dengan keramahtamahan penduduknya ini hanya memiliki destinasi wisata berupa alam. Yoyakarta juga memiliki destinasi wisata edukatif yang mengkolaborasikan antara alam dan pendidikan, mengingat Yogyakarta juga menyandang sebagai kota pelajar. Destinasi wisata tersebut adalah Kebun Binatang Gembira Loka.

Kebun Binatang Gembira Loka

Pada saat itu, ide awal pembangunan Kebun Binatang dan Kebun Raya Gembira Loka berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1933 dimana beliau berencana membangun sebuah tempat hiburan yang dinamakan dengan Kebun Rojo. Hal ini juga semakin dikuatkan saat usai perang dunia II tahun 1949, dimana Ibukota negara yang dari Yogyakarta kembali lagi ke Jakarta, tercetus ide untuk membangun sebuah tempat hiburan sebagai kenang-kenangan untuk masyarakat Yogyakarta. Dipelopori oleh Januismadi dan Hadi, SH., ide ini disambut antusias oleh masyarakat namun realisasinya saat itu belum terlihat.

Pada tahun 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Dipilihnya Tirtowinoto karena yang bersangkutan dinilai memiliki kecintaan terhadap alam dan minat yang besar terhadap perkembangan Gembira Loka. Sumbangsih Tirtowinoto pada saat itu tidaklah sedikit, baik dalam hal pemikiran maupun material karena terbukti mampu membawa kemajuan yang pesat bagi Gembira Loka. Puncaknya di tahun 1978, koleksi satwa yang dimiliki semakin lengkap sehingga pengunjung Gembira Loka saat itu telah mencapai 1,5 juta orang.

Gembira Loka sumber ig gembiraloka

Gembira Loka sumber ig gembiraloka

Deskripsi

Kebun binatang ini memiliki koleksi satwa langka yang cukup lengkap di area seluas 20 hektar. Koleksi satwa yang berada di kebun binatang ini sekitar 100 spesies satwa dan lebih dari 50 spesies flora. Satwa yang dapat dilihat di kebun binatang ini diantaranya adalah kijang, macan tutul, banteng, gajah Sumatera, zebra, kudanil, dan sebagainya.

Tak hanya memiliki koleksi satwa dan flora yang lengkap, kebun binatang ini juga memiliki taman-taman yang indah dan rindang yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Kebun binatang ini menempati wilayah hutan lindung, sehingga tidak heran apabila kebun binatang ini memiliki hawa yang sejuk dan nyaman untuk berekreasi. Demikian juga, dengan adanya kebun binatang gembira loka ini bisa memberikan nuansa wisata edukasi kepada anak untuk mengenal lebih dalam jenis-jenis flora dan fauna.

Untuk memanjakan pengunjungnya, kebun binatang ini menyediakan berbagai wahana yang dapat dinikmati seperti perahu kayuh, speed boat, kolam tangkap, sangkar/rumah satwa, Bird Park Area, Reptil and Amphibian Park, Museum, sepeda air, kereta mini, area ATV dan sepeda track, mayang tirta, serta fasilitas umum seperti toilet, wifi, dan sebagainya.

Rute dan Lokasi

Kebun Binatang Gembira Loka berada di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Kota Yogyakarta, Kota Gede, Yogyakarta. Letak kebun binatang ini cukup strategis dan dekat dengan beberapa objek wisata lain, seperti Keraton dan Malioboro. Kebun binatang ini berjarak 6 kilometer dari Keraton dan Malioboro.

Info biro wisata Jogja: klik biro wisata Jogja!

Untuk menuju ke destinasi wisata ini cukuplah mudah. Apabila menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan bus transjogja dari Terminal Giwangan dan langsung menuju lokasi. Jarak lokasi Terminal Giwangan dan kebun binatang berjarak sekitar 4 kilometer, sehingga tidak memakan waktu lama. Selain bus Transjogja juga dapat ditempuh dengan menggunakan andong ataupun becak.

Gembira Loka sumber ig glzoojogja

Gembira Loka sumber ig glzoojogja

Nama : Kebun Binatang Gembira Loka
Lokasi : Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

Fasilitas

Kebun binatang gembira loka sangat nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga. Hal ini karena fasilitas yang terdapat di dalamnya antara lain :

  • Sentral servis seperti toilet, ruang laktasi dan kamar mandi
  • Stroller bayi
  • Akses wifi
  • Food Court
  • Kursi Roda
  • Kolam Renang
  • Mushola dan Masjid
  • Dan lain-lain.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke kebun binatang ini dikenakan tarif sebesar Rp. 25.000,00 per orang pada hari Senin sampai Jumat. Pada hari Sabtu, Minggu, serta tanggal merah akan dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000,00 per orang. Tarif tersebut hanya berlaku untuk pengunjung yang berusia di atas tiga tahun, untuk pengunjung yang berusia di bawah tiga tahun tidak dikenakan biaya.

Kebun Binatang Gembira Loka juga menawarkan harga tiket masuk khusus untuk rombongan (minimal 25 orang) yang ingin berkunjung ke kebun binatang ini.

Saran Tambahan

Jadi kapan berencana berlibur ke kebun binatang Gembira Loka yang  eksotis dan bisa menjadi sarana edukasi flora dan fauna bersama keluarga dan orang tersayang Anda? Yuk ajak teman atau keluarga berlibur ke sini. Dijamin seru dan asik pastinya. Jika butuh informasi seputar tempat membeli oleh-oleh murah, baca juga artikel kami lainnya tentang pasar Beringharjo ini. Semoga bermanfaat. 🙂