+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Obyek wisata Lava Bantal adalah salah satu geoheritage atau geowisata yang terdapat di Jogja. Geowisata seperti Lava Bantal ini adalah obyek wisata yang terbentuk setelah adanya kejadian tertentu di alam. Misalnya gunung meletus, gempa bumi dan kejadian alam lainnya, yang setelah terjadinya membuat perubahan bentuk struktur, tumbuhnya tanaman dan efek lainnya pada suatu tempat yang tidak terjadi pada saat sebelum kejadian alam tersebut.

Obyek-obyek wisata sejenis Lava Bantal lainnya juga terdapat di Jogja, seperti Bukit Klangon Merapi, Gumuk Pasir Parangkusumo dan beberapa pantai Jogja. Siapa sangka ternyata tempat-tempat ini malah memiliki daya tarik dan keindahan yang unik dan berbeda dari obyek wisata alam pada biasanya.

Masih banyak jenis wisata lainnya yang dapat dikunjungi di Jogja. Seperti bermacam pantai di area selatan, bermacam spot foto dan gardu pandang, museum-museum dan obyek-obyek wisata lainnya. Kekayaan pariwisata Jogja ini juga didukung dengan berbagai fasilitas wisata yang bisa bermanfaat bagi para wisatawan.

Fasilitas wisata tersebut biasanya meliputi transportasi dan akomodasi seperti paket wisata Jogja, rental mobil wisata, rental motor, rental bus pariwisata, penginapan, homestay dan hotel. Berbagai fasilitas ini juga ditawarkan dengan harga yang bervariasi sehingga para wisatawan bisa memilih sesuai dengan keinginan mereka.

Obyek wisata Lava Bantal Jogja ini terbentuk sudah sejak masa yang lampau. Nah, bagaimana sih keunikan obyek wisata Lava Bantal Berbah ini? Simak informasi terkait lokas, rute, fasilitas dan harga di obyek wisata Lava Bantal Jogja yang berhasil dirangkum tim Antareja tour berikut ini.

Atraksi Tubing di Lava Bantal, sumber ig holidayjogja
Atraksi Tubing di Lava Bantal, sumber ig @holidayjogja

Obyek Wisata Lava Bantal

Wisata Lava Bantal adalah obyek wisata yang terbentuk alami akibat kejadian alam. Dalam hal ini, terbentuk setelah meletusnya gunung api bawah laut dan laharnya beku dan berbentuk bantal karena langsung beraksi dengan air laut. Lava Bantal diyakini sudah terbentuk sejak 60 juta tahun yang lalu.

Sampai saat ini, obyek wisata Lava Bantal Berbah masih diteliti oleh tim dari beberapa universitas untuk diketahui lebih banyak lagi informasi terkait asal usulnya. Namun bukan hanya tim peneliti, obyek wisata ini juga sudah ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

Sejak dibuka pada tahun 2016 yang lalu sebagai obyek wisata, lokasi ini memang tidak seramai obyek-obyek wisata lainnya di Jogja. Namun, akhir-akhir ini pengunjung sudah mulai mendatangi wisata Lava Bantal ini dengan jumlah yang berkali lipat dibanding pada saat pertama kali dibuka.

Lava Bantal adalah bantaran sungai yang mengalir deras dan di sisi-sisinya terdapat batuan yang berbeda warna antara satu sisi dan sisi lainnya. Batuan ini berbentuk bantal yang bertumpuk-tumpuk sehingga menjadi sebuah pemandangan dengan keunikan tersendiri.

Pengelola obyek wisata ini sudah membangun lokasi wisata agar semakin ramah untuk dikunjungi. Saat ini sudah terdapat konblok yang dipasang disekeliling lokasi wisata sehingga para pengunjung dapat dengan nyaman menikmati aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi ini.

Seperti halnya wisata Kali Suci salah satu aktivitas yang menjadi atraksi menantang di lokasi ini adalah tubing. Dengan menggunakan ban, para pengunjung diajak menyusuri sungai Lava Bantal yang berarus lumayan deras dan rute arus yang berliku bahkan naik dan turun.

Selain itu, pengunjung juga bisa sekedar bermain air dan bersantai di fasilitas-fasilitas yang telah dibangun oleh pihak pengelola. Sejak tahun 2016 lalu, fasilitas ini sudah semakin baik dan memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

Obyek Wisata Lava Bantal, sumber ig ini.sleman
Obyek Wisata Lava Bantal, sumber ig @ini.sleman

Lokasi dan Rute

Obyek wisata Lava Bantal berada di Jl. Berbah – Prambanan, Karangan, Kalitirto, Berbah, Kabupaten Sleman. Lokasinya lebih dekat dengan bandara Adisutjipto dibandingkan dengan Kota Jogja. Namun, akses menuju lokasi dari Kota Jogja sudah memadai baik menggunakan kendaraan menengah hingga bus pariwisata.

Rute yang dilewati dari Kota Jogja adalah menuju ke arah timur Jogja. Masuk melalui Janti ke Blok-O komplek TNI AU. Kemudian ikuti jalan hingg bertemu Akademi Angkatan Udara dan terus dilanjutkan menuju jalan Berbah-Prambanan.

Nama : Lava Bantal
Lokasi : Jl. Berbah – Prambanan, Karangan, Kalitirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat pada obyek wisata Lava Bantal sudah terbilang cukup memadai. Fasilitas tersebut diantaranya :

  • Wahana Tubing
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • PendopoToilet
  • Area Parkir

Informasi Harga

Untuk masuk lokasi wisata Lava Bantal, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir yang berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Sedangkan biaya lainnya adalah untuk menikmati wahana tubing. Biayanya sebesar Rp. 15.000 untuk dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak-anak.

Lava Bantal, sumber ig donniarcapada
Lava Bantal, sumber ig @donniarcapada

Informasi Tambahan

Selain tubing, biasanya para pengunjung menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi yang unik terutama sungainya dengan batuan yang berbentuk bantal. Terdapat jembatan penyebrangan sungai dari satu sisi ke sisi lainnya yang bisa menjadi spot paling bagus untuk berfoto.

Selain itu, para pengunjung juga bisa hanya sekedar berisitirahat dan bermain air di sekitar lokasi. Kondisi sungai cukup aman, hanya pada bagian tertentu arusnya cukup deras yaitu pada liku yang berbatu. Namun pada bagian sungai lainnya yang berarus tenang, kondisinya relatif aman untuk bermain air. Namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada.

Demikian beberapa infomasi terkait obyek wisata Lava Bantal. Semoga bisa menjadi referensi wisata Anda di Jogja. Simak ulasan menarik lainnya terkait Kali Kuning Merapi di halaman antarejatour.com. Sampai jumpa di ulasan menarik lainnya!