+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Waduk Sermo Kulonprogo sebenarnya merupakan fasilitas daerah. Namun dengan tangan-tangan produktif, lokasi ini bisa memiliki daya tarik wisata yang luar biasa. Bukan hanya Waduk Sermo, beberapa fasilitas daerah lainnya di Jogja selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar juga memiliki daya tarik wisata.

Jogja memang tidak ada habisnya jika berbicara seputar daya tarik wisata. Obyek wisatanya berjumlah sangat banyak dan jenis wisata yang ditawarkan juga bermacam-macam. Selain itu, fasilitas wisata seperti paket wisata Jogja, rental mobil wisata, hotel dan penginapan, tempat kuliner dan fasilitas lainnya semakin membuat wisatawan nyaman untuk berkunjung ke Jogja.

Waduk Sermo Kulonprogo, selain sebagai waduk, ternyata memiliki banyak spot wisata yang menarik. Nah, apa saja sih yang bisa dinikmati dan daya tarik wisata di area Waduk Sermo Jogja? Simak ulasan dan informasinya berikut ini.

Waduk Sermo Kulonprogo

Waduk Sermo, sumber ig andhicasukmajati
Waduk Sermo, sumber ig @andhicasukmajati

Waduk Sermo Kulonprogo sekilas tidak berbeda dengan waduk lainnya di Indonesia. Fasilitas ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di sekitarnya. Namun tidak hanya itu. Waduk Sermo berada di lokasi alam dengan daya tarik wisata yang luar biasa.

Sejak diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996, waduk sermo beroperasi menyalurkan air bersih ke area penduduk sekitar, menjadi lokasi pelatihan olah raga air bahkan dikunjungi sebagai lokasi wisata.

Lokasinya berada di alam yang asri dan disekitarnya terdapat hutan yang sekaligus menjadi cagar alam. Sehingga berbagai satwa hutan dan tumbuhan bisa terlihat di lokasi ini. Waduk Sermo juga memiliki bumi perkemahan untuk para penghobi camping.

Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati wahana perahu yang bisa disewa dengan biaya terjangkau. Di sekitar Waduk Sermo Kulonprogo banyak lokasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi seperti Gardu Pandang, Spot Foto, Taman, Bukit dan lokasi wisata lainnya.

Bentuk Waduk Sermo Kulonprogo dengan jalan aspal yang dibuat mengitari waduk serta terdapat beberapa jembatan membuat wisatawan bisa mendekat ke Waduk dan menyaksikan pemandangan alam sekitar yang terhampar di sana.

Waduk Sermo Kulonprogo, sumber ig akhoirullah
Waduk Sermo Kulonprogo, sumber ig @akhoirullah

Lokasi dan Rute

Waduk Sermo Kulon Progo berada di Dusun Sermo Lor, Kokap, Hargowilis, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Lokasi Waduk Sermo cenderung untuk mudah ditemukan karena berada di sekitar jalan utama yaitu Jalan Jogja-Wates.

Dari Kota Jogja, perjalanan akan ditempuh selama kurang lebih 90 menit dengan jarak kurang lebih 40 Km. Rute yang dilewati adalah Jalan Wates, kemudian selang beberapa waktu yang cukup lama akan menemukan patung kuda di sekitaran alun-alun. Kemudian langsung mengambil arah menuju ke Waduk Sermo seusai petunjuk yang ada.

Nama : Waduk Sermo
Lokasi : Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

Fasilitas

Waduk Sermo Kulonprogo menjadi seperti sebuah kompleks wisata yang menyediakan beberapa fasilitas di sekitarnya untuk para wisatawan yang berkunjung. Fasilitas tersebut diantaranya :

  • Persewaan Perahu
  • Gazebo
  • Rumah Jamur
  • Toilet Umum
  • Villa
  • Fasilitas lainnya

Harga Tiket Masuk

Untuk daftar harga terkait tiket masuk dan penggunaan fasilitasnya cukup beragam namun terjangkau. Memasuki obyek wisatanya, Anda perlu membayar sebesar Rp. 5.000/orang. Untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 2.000, mobil sebesar Rp. 5.000 dan Bus sebesar Rp. 10.000.

Untuk para wisatawan yang ingin menikmati seluruh area waduk sermo menggunakan perahu wisata, biaya sewanya sebesar Rp. 30.000/perahu. Sedangkan untuk perahu lainnya yang dibaya perorangan sebesar Rp. 6.000/orang. Kemudian terdapat spot foto khusus, yaitu gardu pandang yang berada di sana yang bisa dinikmati dengan biaya sebesar Rp. 10.000/orang.

Waduk Sermo Kulonprogo, sumber ig lingkarjogjakarta
Waduk Sermo Kulonprogo, sumber ig @lingkarjogjakarta

Saran Tambahan

Selain bersantai, berekreasi bersama keluarga atau teman-teman, serta mendirikan camp di bumi perkemahan Waduk Sermo Kulonprogo, para pengunjung juga biasa memancing. Menurut informasi di sini terdapat ikan yang disebut “setan merah” karena merupakan predator hewan air lainnya.

Kemudian pengunjung juga memanfaatkan lokasi ini untuk berfoto, bahkan pada momen-momen khusus seperi sunrise dan sunset. Selain itu terdapat juga bukit dan area bendungan yang juga menarik untuk dijadikan latar foto.

Demikian ulasan terkait obyek wisata Waduk Sermo Kulonprogo. Semoga ulasan ini dapat menghibur dan memuaskan dahaga informasi wisata Jogja Anda. Simak juga ulasan obyek wisata Puncak Kosakora di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!