Indonesia merupakan negeri yang amat kaya raya. Kekayaan alamnya membentang dari Sabang hingga ujung Papua. Setiap daerah dan tempat di Indonesia mempunyai ciri khas dan keunikan masing-masing. Salah satu daerah dengan potensi alamnya yang melimpah yakni Kulonprogo Yogyakarta. Bahkan, Kulon Progo sudah dikenal sebagai “The Jewel of Java”.

Mengenal Kulon Progo

Penamaan Kulon Progo berasal dari bahasa jawa yang bermakna sebelah barat Sungai Progo. Dinamakan demikian karena pada faktanya Kulon Progo berada di samping Kali Progo, tepatnya di sebelah timur daerah ini. Kabupaten Kulon Progo yang beribukota di Wates mempunyai 12 kecamatan dengan 88 desa dan 930 pedukuhan.

Apabila Anda mengunjungi Kulon Progo maka Anda akan melihat pemandangan pantai yang indah dan menyejukkan, yakni pantai Congot, pantai Glagah dan pantai Trisik yang dapat Anda nikmati keindahannya di bagian selatan tepatnya di barat daya kota Wates. Adapun bagian perbatasan barat laut Anda akan menjumpai bukit menoreh dengan puncaknya yang bernama puncak Suroloyo.

Kulon Progo, The Jewel of Java. Kulon Progo, The Jewel of Java. Sumber: https://blog.avoskinbeauty.com
Kulon Progo, The Jewel of Java. Sumber: https://blog.avoskinbeauty.com

Beragam Wisata Indah Mempesona

Kulon Progo merupakan destinasi yang tak bisa Anda abaikan begitu saja jika sedang berada di Yogyakarta. Sebagai salah satu kabupaten di Yogyakarta, Kulon Progo menawarkan berbagai destinasi wisata yang memanjakan mata menyenangkan siapa saja yang berkunjung kesana. Disahkannya bandara Yogyakarta International Airport semakin membuat para wisatawan tak bisa beralasan untuk tidak kesana.

Tidak heran mengapa kabupaten Kulon Progo memiliki julukan “The Jewel of Java” yang bermakna sebuah permata dari pulau Jawa. Potensi alamnya yang melimpah membuat Kulonprogo harus senantiasa dikelola dan dikembangkan agar semakin dikenal dan membahana. Ada banyak bukit, pantai, air terjun, dan segenap kekayaan alam lainnya yang bisa menjadi daya tarik kabupaten satu ini.

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Yogyakarta, maka sudah menjadi barang wajib untuk Anda mengunjungi kabupaten Kulon Progo, sekedar menuju satu dua destinasi wisata yang unik dan asik disana. Berikut beberapa wisata di Kulonprogo yang dapat Anda jajal bersama sanak saudara. Selamat menyimak.

1. Wisata Kalibiru

Salah satu wisata yang banyak peminatnya ialah Kalibiru. Bila Anda sangat suka wisata pemandangan indah dengan banyak spot untuk berfoto maka Kalibiru adalah jawaban yang tepat. Kalibiru merupakan tempat yang sangat terkenal akan sudut-sudutnya yang instagramable. Anda bisa mengambil foto di berbagai spot recomended tertentu dengan keluarga tercinta.

Kalibiru, wisata andalan Kulon Progo. Sumber: korpusipb.com. Kulon Progo sudah dikenal sebagai “The Jewel of Java”.
Kalibiru, wisata andalan Kulon Progo. Sumber: korpusipb.com

Adapun tempat berfoto yang favorit di Kalibiru ini adalah spot dengan latar waduk Sermo sebagai background belakangnya, biasa dikenal sebagai anjungan. Dengan memanjat tangga Anda akan sampai di anjungan, terletak diatas pohon yang diliputi dengan pemandangan amat luar biasa. Di atas pohon inilah Anda dapat berfoto dengan pemandangan waduk Sermo yang indah menawan.

Untuk sampai ke anjungan di atas pohon, ada beberapa anak tangga yang harus Anda lewati dengan penuh hati-hati. Maka dari itu sebenarnya anjungan tidak disarankan bagi Anda yang takut akan ketinggian. Walau begitu, keamanan untuk menuju anjungan cukup baik, karena akan ada petugas yang memasangkan sabuk pengaman dan menjaga di bawah pohon.  

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kalibiru, Anda bisa pergi ke Yogyakarta tepatnya di dusun Kalibiru, desa Hargowilis, kecamatan Kokap, kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Kebun Teh Nglinggo 

Kebun Teh Nglinggo merupakan wisata di Kulon Progo yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Ini adalah destinasi yang tepat bagi Anda yang memerlukan suasana tenang tapi tetap asri, jauh dari hiruk pikuknya perkotaan. Tidak heran bila banyak para wisatawan yang datang ke kebun ini hanya untuk menjernihkan pikiran dari beragam kesibukan duniawi.

Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo. Sumber: raskita.com. Kulon Progo sudah dikenal sebagai “The Jewel of Java”.
Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo. Sumber: raskita.com

Kebun teh ini terletak di kulonprogo, tepatnya di desa wisata Nglinggo. Terletak di daerah bukit membuat Anda dengan mudah bisa menikmati hamparan pemandangan berbagai hutan, bukit dan lembah dari jauh. Tanahnya didesain sedemikian rupa hingga menyerupai terasering di Bali. 

3. Pantai Glagah

Pantai Glagah menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Kulon Progo. Akan ada banyak keunikan yang Anda temui di pantai satu ini. Pantai Glagah sangat terkenal akan ombaknya yang besar dan menjulang, sehingga Anda akan dapati pantai satu ini dikelilingi oleh banyak sekali tetrapod, pemecah ombak yang terbuat dari beton dengan empat penyangga.

Pantai Glagah, destinasi wisata rekomended di Kulon Progo. Sumber: https://dinpar.kulonprogokab.go.id
Pantai Glagah, destinasi wisata rekomended di Kulon Progo. Sumber: https://dinpar.kulonprogokab.go.id

Dengan adanya tetrapod ini ombak akan terpecah dan tidak bisa melewati area pantai dan daratan. Tetrapod yang mengelilingi pantai menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi pantai Glagah. Tidak sedikit pengunjung yang memanfaatkan tetrapod dengan memancing dan sekedar menikmati deburan ombak dibalut angin laut sepoi-sepoi.

Disarankan bagi Anda yang hendak mengunjungi pantai Glagah, Anda dapat mendatangi pantai ini saat bulan baru dan air laut pasang. Mengapa? Karena di waktu itulah ombak datang, menggulung hebat, menghantam tetrapod sembari berharap bisa menyeruak ke tepi pantai. Tentunya ini menjadi sebuah pemandangan yang wajib untuk dinikmati. 

4. Wisata Goa Kebon

Goa Kebon menjadi sebuah wisata tersembunyi atau hidden gem di Kulon Progo. Pasalnya wisata satu ini berada di tengah hijaunya pekarangan bak hutan belantara. Beragam pohon dan tanamannya semakin membuat wisata Goa Kebon semakin alami dan menyejukkan. 

Goa Kebon, hidden gem di Kulon Progo. Sumber: alodiatour.com
Goa Kebon, hidden gem di Kulon Progo. Sumber: alodiatour.com

Perpaduan air terjun yang alami, sumber air yang jernih dengan hijaunya pepohonan menyatu menjadi sebuah keindahan alam tiada tara. Goa Kebon ini bisa menjadi alasan Kulonprogo dijuluki “The Jewel of Java”.

Akhir kata, julukan Kulon Progo sebagai “The Jewel of Java” bukanlah sebuah bualan belaka. Berbagai keindahan alam bersatu padu membentuk sebuah wilayah bernama Kulon Progo. Bagi Anda yang sedang bertamasya ke Yogyakarta, Anda akan sangat menyesal bila tidak mampir ke “Permatanya Pulau Jawa”, Kulon Progo Yogyakarta. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.