Pantai Congot Kulon Progo adalah salah satu pantai didaerah barat Jogja diantara pantai lainnya seperti pantai Glagah dan Bugel Peni yang tidak bisa dilewatkan. Meski berada di area barat, sebenarnya pantai ini merupakan pesisir selatan pulau Jawa di Jogja yang terkenal memiliki sederatan pantai-pantai eksotis.

Pantai-pantai eksotis ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang menambah daya tarik pemandangan dan keindahan deburan ombaknya. Obyek wisata pantai memang salah satu yang menjadi rekomendasi paket wisata Jogja jika Anda berkesempatan untuk mampir berliburan di Jogja. Tidak terkecuali Pantai Congot.

Pantai Congot Kulon Progo memiliki beberapa spot unik yang digemari anak-anak milenial untuk berfoto. Di sini juga terdapat area-area konservasi dan perkebunan. Nah, bagaimana informasi selengkapnya? Simak ulasan terkait Pantai Congot berikut ini.

Pantai Congot Kulon Progo

Pantai Congot Kulon Progo, sumber ig yosephine.w
Pantai Congot Kulon Progo, sumber ig @yosephine.w

Diantara banyaknya pantai berpasir putih di Jogja, Pantai Congot Kulon Progo adalah satu diantara beberapa pantai berpasir hitam di Jogja. Meskipun begitu, pantai ini tidak kalah menariknya diantara pantai-pantai lainnya di Jogja.

Pada tahu 1989, di area sekitar Pantai Congot ditanam mangrove atas inisiasi dari pihak setempat. Tujuannya adalah untuk mencegah abrasi air laut ke darat. Namun ternyata area ini menjadi lokasi budidaya tanaman mangrove yang menambah keindahan pemandangan sekitar pantai.

Sebenarnya, dibandingkan Pantai Congot, hutan mangrove menjadi perhatian utama pemerintah setempat di area pantai ini. Namun, keindahan pantai dengan fasilitas yang tidak seberapa ini tetap saja mencuri perhatian para pengunjung dan penyuka pantai.

Hutan mangrove dan pepohonan yang ada disekitaran Pantai Congot Kulon Progo menjadi keunikan tersendiri. Karena normalnya pantai adalah area yang bersuasana cerah dan terik. Namun di sini, para pengunjung akan diberi sensasi berbeda dengan suasana sejuk dan asri dari keberadaan pepohonan dan hutan mangrove.

Selain itu di sini terdapat jembatan api-api yang melintang untuk menyebrangi Sungai Bogowonto yang bermuara ke Pantai. Jembatan ini merupakan spot foto yang bagus dengan ornamen yang terdapat di sekitar jembatan ini.

Lokasi dan Rute

Sunset di Pantai Congot Kulon Progo, sumber ig sikecil_
Sunset di Pantai Congot Kulon Progo, sumber ig @sikecil_

Pantai Congot Kulon Progo berada di Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan hutan mangrove yang berada di sekitar pantai ini hanya berjarak 15 menit. Meski pantai ini belum seterkenal Pantai Glagah dan Pantai Trisik Kulon Progo, namun lokasinya sudah diketahui. Jarak perjalanan dari Kota Jogja sepanjang 10 Km.

Untuk menuju ke lokasi ini dari Kota Jogja, Anda melewati Jalan Wates. Ketika menelusuri Jalan Wates beberapa lama berselang Anda akan menemukan Patung Nyi Ageng Serang. Dari ini kemudian mengikuti jalur yang mengarah ke Purworejo.

Ketika melewati jalur ke arah Purworejo, Anda akan menemukan Stasiun Wates yang menjadi check point terakhir. Dari Stasiun Wates Anda akan mengarah ke Jembatan Congot untuk kemudian menemukan Dusun Pasir Mendit lokasi dimana Pantai Congot berada.

Nama : Pantai Congot
Lokasi : Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fasilitas

Pantai Congot sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai sebagai lokasi wisata pantai. Fasilitas yang terdapat di sini diantaranya :

  • Warung Makan
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Area Parkir

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Pantai Congot Kulon Progo, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000. Sedangkan untuk parkir kendaraan, berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Dengan biaya yang terjangkau, Pantai Congot menjadi salah satu alternatif obyek wisata hemat di Jogja yang bisa Anda kunjungi.

Saran Tambahan

Hutan Mangrove di Sekitar Pantai Congot, sumber ig ahmadlunadri
Hutan Mangrove di Sekitar Pantai Congot, sumber ig @ahmadlunadri

Pantai Congot bisa dikunjungi mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Ini adalah waktu resmi kunjungan. Namun tidak jarang para pengunjung bertahan hingga lebih dari pukul 17.00 untuk menikmati keindahan sunset di lokasi pantai ini.

Untuk spot foto, biasanya para pengunjung menjadikan pepohonan cemara, jembatan api-api, beberapa gazebo dan spot foto lainnya sebagai latar fotonya. Inilah salah satu yang menjadikan pantai ini digandrungi para generasi muda milenial.

Selain itu, pantai ini juga menjadi spot memancing dan bersantai. Di sekitarnya juga terdapat penginapan hingga tempat kuliner yang juga bisa menjadi alternatif.

Demikian ulasan dan informasi terkait Pantai Congot Kulon Progo. Semoga bisa menjadi tambahan informasi obyek wisata Jogja untuk Anda. Simak ulasan lainnya terkait Waduk Sermo di halaman ini. Selamat menikmati wisata Anda di Jogja!