+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak pernah ada habisnya dalam memberikan kepuasan kuliner bagi para pengunjungnya atau wisatawan yang datang dan berkunjung ke tempat ini. Kuliner Legendaris yang akan dibahas kali ini adalah Rujak Es Krim Pak Nardi yang membuatnya Legendaris selain cita rasanya adalah waktu dibukanya usaha ini yaitu pada tahun 1978.

Sumber IG @wiwiwmd
Segarnya Rujak Es Krim Pak Nardi, Sumber IG @wiwiwmd

Ini merupakan kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota Jogja. Kuliner ini yang membuat berbeda adalah toping es krim yang diberikan diatas rujaknya, sehingga cita rasa rujak yang manis, asam, pedas manis dari campuran gula jawa dan cabai akan menjadi lebih segar. Waktu yang paling tepat untuk mencicipi rujak es krim ini adalah pada siang hari atau lebih tepatnya pada pukul 13:00 WIB.

Cuaca yang terik dikala siang hari akan membuat suasana memakan rujak es krim ini akan lebih terasa karena es krim yang sebagai toping utamanya akan membuat Anda menjadi lebih segar atau adem ketika memakannya ditambah lagi dengan harga yang terjangkau akan membuat Anda tidak ragu untuk menambah atau memesan lagi, jika satu mangkok belum cukup buat Anda untuk merasakan kenikmatan dari Rujak Es Krim Pak Nardi.

Sosok Bapak Nardi sebagai Pendiri dan Pemilik sudah jarang terlihat di tempat jualannya, karena sedang beristirahat total akibat mengidap penyakit stroke sejak tahun 2010. Istri Bapak Nardi dan Anak terakhirnya yang bernama Novia yang menggantikan posisi bapaknya untuk berjualan atau dapat dikatakan sebagai generasi penerus dari Rujak Es Krim Legendaris ini.

Mengenal Rujak Es Krim Pak Nardi

Bapak Nardi memulai jualan Rujak dan Es Krim pada tahun 1978 dengan berkeliling di sekitar daerah Paku Alam. Asal mula dari rujak es krim ini berawal dari dagangannya yang jarang dibeli ketika waktu itu, sehingga tidak sengaja terlintas di pikiran Bapak Nardi untuk mencampur rujak dan es krim dalam satu mangkok rujak.

Sumber IG @jogjabikinlaper
Menikmati Rujak Es Krim Pak Nardi, Sumber IG @jogjabikinlaper

Hal yang tidak disangka adalah dengan mencampur rujak dan es krim yang akhirnya menjadi menu baru, yang menjadi laris manis dan banyak yang membeli rujak es krimnya Bapak Nardi dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Dengan banyaknya pembeli dan pelanggan membuat Bapak Nardi untuk tetap mendagangkan rujaknya di daerah Paku Alam hingga saat ini dan tidak memiliki cabang di daerah lain yang di Jogja.

Tempat Jualan Rujak Es Krim Pak Nardi

Untuk tempat jualannya hanya menggunakan gerobak dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak jauh dari gerobaknya ada sebuah tempat yang tidak terlalu besar dan dilengkapi dengan meja dan kursi. Tempat ini digunakan untuk menikmati Rujak Es Krim Pak Nardi jika Anda ingin menikmati rujak es krim ini datanglah pada awal buka atau sebelum jam makan siang agar Anda kebagian tempat duduk, jika Anda ingin makan di tempat.

Lokasi Jualan Rujak Es Krim Pak Nardi

Lokasi Rujak Es Krim Pak Nardi berada di sisi barat tembok luar Pura Pakualaman Yogyakarta. Gerobak jualannya berada di trotoar jalan dan tepat di bawah pohon melinjo. Lebih tepatnya lagi berada di Jl. Harjowinatan, RT.44/RW.10, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tentunya jika Anda belum mengetahui daerah ini bisa gunakan Google Map dan tulis di kolom pencarian Rujak Es Krim Bapak Nardi secara otomatis google akan memberikan rute untuk menuju ke lokasinya. Lokasinya juga dekat dengan Gudeg Pawon dan Mie Ayam Tumini dengan jarak kurang dari 5 km.

Harga dan Jam Beroperasi Rujak Es Krim Pak Nardi

Harga rujak es krim Pak Nardi dibandrol untuk satu porsi yaitu Rp. 8.000 untuk jam bukanya, Dibuka setiap hari dari Jam 09.00 s/d 16.00 WIB dan akan tutup jika Rujak Es Krimnya sudah habis.

Keunikan Rujak Es Krim Pak Nardi

Walaupun banyak yang berjualan rujak es krim tetapi rujak es krim Pak Nardi tidak pernah sepi dari konsumen. Setiap hari pasti ada konsumen yang membelinya, sekalipun musim hujan. Rasa rujak es krim milik Bapak Nardi memiliki perbedaan tersendiri dan tentunya sudah legendaris karena buka dari tahun 1978. Perbedaan dan keunikannya terdapat pada es krim yang digunakan, karena Bapak Nardi masih membuat es krimnya sendiri dengan bahan – bahan sederhana seperti tepung hunkwe, gula, dan sedikit tepung maizena.

Sumber IG @couplesharefood
Mencicipi Kelezatan Rujak Es Krim Pak Nardi, Sumber IG @couplesharefood

Ditambah lagi dengan perpaduan kuah asam manis dari gula jawa dan serutan buah Kedondong, Bengkoang, Pepaya, Nanas, Mangga dan Timun yang tentunya rasanya tidak akan membuat anda lupa. Akibat masuk dalam makanan legendaris dan cita rasanya yang berbeda dengan Rujak Es Krim yang lainnya. Rujak Es Krim Pak Nardi sekurang-kurangnya menghabiskan 150 porsi dalam sehari porsi ini akan berkurang jika musim penghujan.

Akomodasi Rujak Es Krim Pak Nardi

Untuk akomodasi menuju Rujak es Krim Pak Nardi bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Akses menuju ke lokasi tidak terlalu sulit karena lokasi yang sangat strategis berada di Pusat Kota Yogyakarta. Jika Anda arah Malioboro dari titik nol kilometer Malioboro ke Rujak Bapak Nardi sepanjang 1,4 km atau 6 menit.

Dari Amplaz ke Rujak Bapak Nardi sepanjang 4,7 km atau 17 menit perjalanan, dan dari Bandara Adisucipto ke Rujak Bapak Nardi sepanjang 8,9 km atau 25 menit dengan menggunakan roda empat. Jika Anda dari arah yang lain bisa menggunakan google map agar mendapat rute yang terbaik menuju lokasinya. Anda juga bisa menggunakan jasa wisata Antarejatour.

Anda penasaran seperti apa rasanya rujak es krim Pak Nardi ? untuk menghilangkan rasa penasaran Anda bisa langsung dicoba jika berkunjung ke kota Jogja dan bagi Anda yang tinggal di kota Jogja atau daerah yang dekat dengan Jogja bisa langsung saja datang di tempat jualannya. Karena toping Es Krim rujaknya tidak dapat bertahan lama, maka direkomendasikan untuk menikmatinya di tempat jualannya langsung, ini bertujuan agar es krimnya dinikmati dalam keadaan utuh atau tidak mencair.