+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Puncak Kosakora Jogja adalah salah satu obyek wisata alam yang menampilkan pemandangan alam asri dan indah. Masih terdapat bukit dan puncak lainnya selain Puncak Kosakora Jogja yang biasa ramai dikunjungi untuk menikmati keindahan pemandangan Jogja dari ketinggian misalnya saja Puncak becici, Puncak pengger dan sebagainya. Lokasi wisata sejenis Puncak Kosakora Jogja ini diburu karena bisa menjadi latar foto yang instagrammable.

Puncak Kosakora Jogja belum begitu lama dijadikan lokasi wisata. Karena sebenarnya lokasinya berada diantara pantai-pantai yang banyak di bagian selatan Jogja. Meskipun begitu, paket wisata Jogja merekomendasikan lokasi ini untuk menjadi salah satu agenda wisata Anda di Jogja.

Bagaimana sebenarnya daya tarik Puncak Kosakora Jogja dan apa saja yang bisa dinikmati di lokasi wisata yang satu ini? Simak ulasan terkait deskripsi, lokasi dan rute, fasilitas, harga tiket masuk dan saran Puncak Kosakora berikut ini.

Puncak Kosakora Jogja

Puncak Kosakora Jogja, sumber ig maswidhy06
Puncak Kosakora Jogja, sumber ig @maswidhy06

Puncak Kosakora Jogja adalah bukit yang berada di lokasi pantai-pantai Gunung Kidul tepatnya diantara Pantai Drini dan Pantai Ngrumput. Pantai Drini adalah salah satu pantai yang paling ramai dikunjungi di Jogja. Dari sinilah bukit Kosakora ini ditemukan.

Puncak Kosakora Jogja sebenarnya tidak begitu diperhatikan dibandingkan Pantai yang ada di area ini. Karena para pengunjung sudah mengenal pantai-pantai di area Gunung Kidul yang memang lumrahnya berada diantara lokasi perbukitan, bukit karang atau tebing yang tinggi.

Namun beberapa wisatawan merasa penasaran, bagaimana sebenarnya sensasi berada diatas bukit yang langsung menghadap ke pantai ini. Terutama penasaran dengan keindahan garis pantai selatan Jogja yang merupakan garis pesisir Samudera Hindia. Maka beberapa pengunjung menelusuri jalur menuju ke bukit sampai akhirnya menemukan spot Puncak Kosakora.

Puncak Kosakora ini memiliki ketinggian sekitar 50 mdpl. Dari atas puncak ini para pengunjung bisa menikmati pemandang Pantai Drini, Pantai Kukup, Mercusuar Pantai Baron, Sunrise dan sunset dan pemandangan-pemandangan lainnya.

Lokasi dan Rute

Bukit Kosakora Jogja, sumber ig mrganessa
Bukit Kosakora Jogja, sumber ig @mrganessa

Puncak Kosakora Jogja berada di Banjarejo, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Kondisi perjalanan untuk menuju lokasi ini terbilang lancar kecuali di beberapa titik seperti kota dan pasar. Perjalanan bisa menggunakan kendaraan roda dua hingga kendaraan menengah seperti mini bus wisata.

Tetapi jarak antara lokasi parkir menuju puncak tentu saja ditempuh dengan trekking. Yaitu berjalan kaki mendaki bukit melewati pedesaan dan perkebunan warga setempat. Total jarak perjalanan dari Kota Jogja yaitu 75 Km dan waktu tempuh selama 2 jam.

Rute yang bisa ditempuh dari Kota Jogja adalah melalui Jalan Wonosari. Dari Kota Jogja, Anda mengarah ke Timur hingga bertemu ring road selatan. Masuk Jalan Wonosari melewati Piyungan berjalan hingga ke Patuk, Gading dan Kota Wonosari, ibukota Kabupaten.

Dari Kota Wonosari mengambil jalur ke Pantai Baron melalui Jalan Baron. Kemudian melewati beberapa lokasi pantai yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup dan tiba di Pantai Drini. Dari sini, setelah memarkir kendaraan, melanjutkan trekking menuju Puncak Kosakora.

Nama : Puncak Kosakora
Lokasi : Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Fasilitas

Puncak Kosakora Jogja jarang digunakan sebagai lokasi bersantai. Lebih sering menjadi lokasi camping. Sehingga berbagai fasilitas terdapat di area lokasi pantai yang berada dekat Puncak Kosakora. Namun di beberapa lokasi trekking terdapat beberapa warung.

Harga Tiket Masuk

Ketika berada di lokasi Puncak Kosakora Jogja, para pengunjung akan melewati loket masuk. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000. Selain itu adalah biaya retribusi parkir berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Saran Tambahan

Puncak Kosakora Jogja adalah spot foto pemandangan alam yang luar biasa. Di sini para pengunjung bisa menikmati keindahan garis pantai Gunung Kidul yang terdiri dari beberapa pantai seperti Pantai Drini, Pantai Kukup, mercusuar yang berada di Pantai Baron serta menikmati momen sunrise dan sunset sekaligus.

Pemandangan dari Atas Puncak Kosakora Jogja, sumber ig faetsan_4
Pemandangan dari Atas Puncak Kosakora Jogja, sumber ig @faetsan_4

Para pengunjung biasanya adalah para pecinta alam yang mendirikan camp untuk menginap. Bukitnya bisa menampung sekitar 5 camp. Namun, banyak juga para pengunjung yang sekedar datang untuk berfoto dan menikmati keindahan alamnya.

Untuk mendirikan camp di puncak ini, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan. Disarankan berkunjung pada hari senin hingga kamis, karena di hari selain ini, pengunjung bisa ramai. Pakailah perlengkapan yang aman dan nyaman selama berkunjung sehingga cocok dengan medan lokasi wisata.

Demikian beberapa ulasan dan informasi terkait Puncak Kosakora Jogja. Semoga bisa menambah referensi berliburan Anda di Jogja. Simak ulasan lainnya terkait obyek wisata Bendungan Kamijoro di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!