Bendungan Kamijoro adalah satu lagi, diantara banyak obyek wisata Jogja yang kekinian dan instagrammable. Bendungan ini seperti memiliki segala yang dibutuhkan untuk menikmati pemandangan dan bangunan-bangunan yang bagus untuk dijadikan lokasi berwisata dan latar foto instagram.

Bendungan Kamijoro adalah salah satu diantara beberapa obyek wisata yang sebenarnya merupakan fasilitas daerah di Jogja. Fasilitas daerah ini memang sengaja di desain dengan gaya arsitektur yang memiliki daya tarik wisata. Beberapa fasilitas daerah serupa di Jogja yang juga dijadikan obyek wisata diantaranya Embung Nglanggeran, Waduk Sermo dan Kawasan Tanaman Manggrove.

Bendungan Kamijoro, sumber ig moe_moen
Bangunan di Bendungan Kamijoro, sumber ig @moe_moen

Bendungan Kamijoro

Bendungan Kamijoro baru saja diresmikan sejak 2019. Pembangunannya sejak awal terbilang unik karena di desain untuk menjadi cagar alam atau tempat yang berdaya tarik wisata. Sehingga tempat ini memang sengaja dijadikan lokasi kunjungan. Di sini terdapat tempat atau lapangan terbuka yang luas, plaza, shelter, jembatan dan spot menarik lainnya.

Meski terbilang baru, lokasi ini langsung menjadi viral di akun-akun media sosial yang dimiliki oleh beberapa orang yang pernah berkunjung. Karena memang bendungan yang satu ini unik, memiliki jembatan ikonik seperti yang dimiliki oleh beberapa daerah di Indonesia dan fasilitas lainnya.

Lokasi dan Rute

Bendungan Kamijoro, sumber ig amran_terkendali
Jembatan di Bendungan Kamijoro, sumber ig @amran_terkendali

Bendungan Kamijoro secara administratif berada di Desa Kamijoro, Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jembatan yang berada di Bendungan Kamijoro sebenarnya adalah jembatan yang menghubungkan antara Bantul dan Kulon Progo.

Untuk menuju ke lokasi obyek wisata ini terbilang tidak sulit. Karena aksesnya cukup baik dan bisa dilewati oleh kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil. Dari Kota Jogja, jarak yang ditempuh kurang lebih sepanjang 20 Km atau sekitar 30 menit waktu tempuh perjalanan.

Dari pusat Kota Jogja yakni titik nol Km, ikuti Jalan Raya Jogja menuju ke arah barat yaitu arah Kecamatan Wates. Sesampainya di pertigaan MAN 2 Yogyakarta, mengarah ke selatan. Ikuti jalan hingga menemukan perempatan besar yang terdapat Projo Tamansari dan Monumen Adipura kemudian mengarah ke barat. Dari sini Anda terus berjalan hingga berada di Kecamatan Pajangan.

Agar lebih mudah, lokasinya sudah terdapat di map. Anda juga bisa bertanya pada penduduk sekitar atau memanfaatkan paket wisata Jogja sehingga perjalanan Anda akan dipandu bersama tour guide berpengalaman.

Nama : Bendungan Kamijoro
Lokasi : Plambongan, Triwidadi, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fasilitas

Bendungan Kamijoro merupakan alternatif wisata keluarga yang baru di Jogja. Di sini terdapat berbagai spot yang bisa menjadi lokasi rekreasi bersama keluarga. Tamannya memiliki luas sekitar 40.000 meter persegi yang cukup untuk menampung ribuan orang yang ingin menikmati obyek wisata yang satu ini. Di sini terdapat beberapa fasilitas seperti :

  • Penjual Makanan Ringan
  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir

Harga Tiket Masuk

Bendungan Kamijoro bisa menjadi salah satu alternatif wisata hemat di Jogja. Karena untuk berkunjung ke sini tidak memerlukan biaya retribusi sama sekali. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya parkir yang berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000 saja.

Saran Tambahan

Yang paling sering dilakukan di Bendungan Kamijoro adalah berfoto. Terdapat jembatan yang panjangnya sekitar 161 meter yang berada di atas bendungan. Jembatan ini dibuat ikonik sehingga bisa menjadi salah satu jembatan unik yang ada di Indonesia menyerupai Jembatan Ampera atau Jembatan Suramadu. Di sisi jembatan sudah terdapat pengaman dan lampu penerang untuk malam hari.

Bendungan Kamijoro, sumber ig delandra_gems
Bendungan Kamijoro, sumber ig @delandra_gems

Pada taman yang berada di sisi barat bendungan juga terdapat beberapa fasilitas. Seperti taman bermain untuk anak-anak dengan beberapa wahana yang bisa dinikmati. Selain itu terdapat pula plaza dan shelter yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai bersama keluarga.

Agar tetap berenergi ketika berwisata di tempat ini, Anda tidak perlu khawatir. Pada sore hari terdapat beberapa penjual makanan ringan yang bisa menemani aktivitas Anda bersama keluarga di sini. Di sini juga sudah terdapat mushola dan toilet yang bisa Anda manfaatkan. Untuk yang membawa kendaraan, terdapat juga area parkir yang luas.

Demikian beberapa informasi tentang obyek wisata Bendungan Kamijoro. Semoga informasi ini bisa memberikan gambaran dan menjadikan obyek wisata ini sebagai tujuan wisata Anda selanjutnya. Simak ulasan lainnya terkait obyek wisata alam Kedung Pedut Yogyakarta di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!