+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Timang Wonosari adalah salah satu diantara banyak pantai unik Jogja yang menjadi favorit para wisatawan. Masih terdapat pantai-pantai lainnya yang bisa Anda kunjungi di area selatan Jogja dengan daya tariknya masing-masing. Setidaknya, terdapat 60 lebih pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Di Pantai Timang Wonosari, Anda akan menemukan sensasi yang berbeda dari sekedar keindahan pantai dan alam sekitarnya. Pantai ini menjadi salah satu yang disarankan oleh Paket Wisata Jogja, bagi para wisatawan yang ini melihat eksotisme pulau karang dan suka dengan lokasi ekstrim.

Nah, apa saja daya tarik Pantai Timang Wonosari yang dapat diketemukan saat berkunjung ke sana? Berikut ini beberapa informasi terkait deskripsi, lokasi dan rute, fasilitas, harga-harga dan saran untuk Anda yang ingin menikmati obyek wisata Pantai Gunung Kidul yang satu ini.

Pantai Timang Wonosari

Pulau Karang Pantai Timang Wonosari, sumber ig sixnaldi_nz
Pulau Karang Pantai Timang Wonosari, sumber ig @sixnaldi_nz

Sekilas, Pantai Timang Wonosari tidak berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Kabupaten Gunung Kidul yang eksotis. Pantai di area selatan Jogja ini bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia sehingga terkenal dengan ombaknya yang besar dan pesona pemandangannya yang menawan.

Pantai Timang Wonosari terkenal dengan Pulau Timang, yaitu pulau karang yang pada awalnya menjadi persinggahan warga setempat yang bermata pecaharian sebagai nelayan untuk mencari lobster. Sebab lobster adalah hewan yang sering berada di bawah batuan karang.

Saat ini, Pulau Timang ini menjadi salah satu fitur bagi pengunjung yang ingin menikmati Pantai Timang Wonosari. Karena keindahannya yang berada di lautan berombak besar. Pulau Timang ini bisa diakses melalui fasilitas yang dibangun berupa gondola atau kereta dorong manual dan jembatan gantung yang ternyata memiliki keindahan jika dipadukan dengan keindahan pulau karang dan pemandangan di sekitar pantai ini.

Selain pulau karang yang disebut sebagai Pulau Timang dan jembatan gantung serta gondolanya, Pantai Timang Wonosari ini tetap bisa dinikmati sebagaimana pantai lainnya pada sisi timurnya. Karena pada bagian ini, tampilan pantai dan pemandangan yang dihiasi pasir putih yang berkilauannya juga menjadi salah satu yang tidak bisa dilewatkan. Jarang antara pulau karang dan Pantai Timang sisi timur ini agak berjauhan.

Lokasi dan Rute

Pantai Timang Wonosari, sumber ig ciputu
Pantai Timang Wonosari, sumber ig @ciputu

Pantai Timang Wonosari berada di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki jarak tempuh kurang lebih 3 Jam dari Kota Jogja dan apabila berangkat dari Jalan Wonosari, Anda harus berkendara sepanjang 35 Km.

Dari Kota Jogja, Anda terlebih dahulu mengarah ke jalur selatan yaitu Jalan Wonosari. Kemudian menuju ke arah Pantai Baron. Selanjutnya bertemu dengan pertigaan Mulo. Kemudian mengarah ke barat menuju ke arah Pantai Siung. Kemudian setelah dari Pasar Dakbong melewati jalan berbatu Anda akan menuju ke Pantai Timang Wonosari.

Nama : Pantai Timang
Lokasi : 55881, Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

Fasilitas

Pantai Timang Wonosari sering menjadi target kunjungan para wisata dengan keberadaan jembatan gantun dan kereta gantungnya yang fotogenik. Sehingga beberapa fasilitas di pantai ini memang berkaitan dengan alat penyebrangan menuju pulau karang yang terdapat di sini. Beberapa fasilitasnya antara lain :

  • Jembatan Gantung dan Kereta Gantung Penyebrangan
  • Ojek dan Jeep susur pantai
  • Beberapa Warung Makan
  • Toilet dan area parkir

Harga Tiket Masuk

Gondola Pantai Timang Wonosari, sumber ig petawisata.id
Gondola Pantai Timang Wonosari, sumber ig @petawisata.id

Harga tiket untuk jembatan gantung dan gondola Pantai Timang Wonosari adalah sebesar Rp. 100.000 dan Rp. 150.000. Sedangkan untuk parkir kendaraan biaya yang dikeluarkan berkisar Rp. 5.000 hingga Rp. 7.000 biasanya sudah termasuk biaya tiket masuk. Terdapat ojek dan jeep untuk menyusuri pantai timang dengan tarif Rp. 30.000 dan Rp. 350.000.

Saran Tambahan

Pantai Timang Wonosari tergolong salah satu obyek wisata pantai yang ekstrim. Dengan medan berbatuan karang yang lancip serta pulau karang yang tinggi dan berjarak jauh ke lepas pantai, Anda harus menikmatinya dengan perlengkapan kemanan dan bersama pemandu yang berada di Pantai ini.

Demikian beberapa informasi terkait obyek wisata Pantai Timang Wonosari. Semoga ulasan ini bisa menjadi tambahan referensi wisata Anda di Jogja dan informasi di dalamnya dapat bermanfaat. Simak ulasan wisata Jogja lainnya tentang blue lagoon tirtabudi sleman di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda.