+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Ngrenehan Jogja memiliki daya tarik termasuk sejarah asal usul yang unik. Obyek wisata ini termasuk salah satu yang ramai dikunjungi di Jogja. Pantai Ngrenehan berada di sekitar Pantai-pantai indah lainnya di Gunung Kidul.

Wisata bahari di Jogja termasuk salah satu yang menonjol. Hal ini mungkin bisa dilihat dari letaknya yang strategis, yaitu berada di pesisir selatan yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Selain lokasi ini, masih banyak spot yang tidak kalah menarik.

Biasanya, para wisatawan mengunjungi berbagai lokasi wisata di Jogja dengan memanfaatkan jasa paket wisata Jogja. Jasa ini bisa memberikan kemudahan karena menyediakan transportasi sekaligus driver yang berpengalaman.

Panti Ngrenehan salah satu yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Apa saja daya tarik dan keunikan spot wisata ini? Simak berbagai informasinya termasuk informasi terkait lokasi, rute, fasilitas, harga tiket masuk dan informasi lainnya di sini.

Pantai Ngrenehan, sumber ig pinocchio_8
Pantai Ngrenehan, sumber ig @pinocchio_8

Pantai Ngrenehan Jogja

Pantai Ngrenehan merupakan salah satu yang erat kaitannya dengan sejarah Jogja masa lampau. Ini bisa diketahui dari namanya. Ngrenehan berasal dari kata bahasa Jawa yaitu “reneh”. Reneh berarti “sini” yang menjadi bahasa sehari-hari penduduk setempat.

Kata ini digunakan sehingga menjadi sebutan nama tempat wisata ini yaitu “Ngrenehan”. Asal-usulnya yaitu pada saat Raden Fatah, yaitu Raja Kerajaan Demak, mencari Ayahnya. Raden Fatah dikenal sebagai seorang Raja yang merubah Demak dari kerajaan Hindu menjadi kerajaan Islam.

Namun tidak semua pihak pada waktu itu sepakat dengan perubahan ini. Termasuk Ayahnya sendiri. Sehingga Ayahnya pergi meninggalkan Demak ke arah selatan. Salah satu yang diasumsikan oleh Raden Fatah menjadi tempat singgah Ayahnya adalah di “sini” (reneh).

Sehingga yang dimaksud dengan kata “sini” adalah Pantai Ngrenehan itu sendiri. Nama ini diabadikan sebagai penanda singgahnya Raden Fatah di tempat ini oleh penduduk setempat.

Selain asal-usulnya, tentu saja pesona keindahan pantainya. Secara keseluruhan, lokasi ini terlihat seperti teluk dengan keberadaan bukit karang dan lekukannya. Dengan bentuk ini pula, ombak yang ada cenderung tidak begitu besar.

Batuan Karang di Pantai Ngrenehan, sumber ig d.e.d.y_u.t.o.m.o
Batuan Karang di Pantai Ngrenehan, sumber ig @d.e.d.y_u.t.o.m.o

Ombak yang tidak terlalu besar ini menjadi incaran para wisatawan yang ingin bermain air karena biasanya Pantai Yogyakarta berombak besar. Dengan ombaknya yang tidak tinggi, membuat bermain air menjadi tidak ekstrim dan cenderung aman.

Pantai ini adalah salah satu yang berpasir putih dengan banyaknya batuan karang yang terdapat di sekitarnya. Di sisi pantai terdapat tebing bukit dengan warna hijau yang tampak dari pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Lokasi yang berombak tenang ini juga menjadi tempat singgah kapal-kapal penangkap ikan. Sehingga pengunjung juga bisa membeli ikan yang terdapat di pelelangan ikan yang berada di sekitar lokasi spot wisata ini.

Pengunjung juga bisa berjemur, menikmati pemandangan alam, berfoto, piknik dan berbagai aktivitas lainnya yang dapat dilakukan. Spot wisata ini termasuk salah satu yang menjadi spot instagrammble.

Lokasi dan Rute

Pantai Ngrenehan berada di Desa kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses menuju lokasi sudah cukup memadai sehingga mudah dilintasi oleh kendaraan-kendaraan wisata.

Pantai Ngrenehan, sumber ig anismanto
Pantai Ngrenehan, sumber ig @anismanto

Dari pusat Kota Jogja, perjalanan mengarah ke selatan, yaitu ke Jalan Imogiri Timur. Dari jalan ini masih terus ke arah selatan sampai berada di Jalan Raya Panggang Wonosari. Perjalanan dilanjutkan hingga bertemu dengan pertigaan.

Saat berada di pertigaan, masih terus ke arah selatan hingga menemukan Jalan Paliyan Ngobaran. Kemudian dilanjutkan hingga bertemu pertigaan kemudian mengarah ke timur menuju Jalan Ngobaran Ngrenenhan. Dari sini perjalanan sudah menuju ke spot wisata.

Jarak perjalanan apabila ditempuh dari titik nol Kota Jogja yaitu sepanjang lebih dari 50 km. Sedangkan waktu tempuh dengan jarak yang ada yaitu selama 1 jam 34 menit. Sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat.

Nama : Pantai Ngrenehan
Lokasi : Wonosari, Kanigoro, Sapto Sari, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871

Fasilitas

Area wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata yang memadai. Beberapa fasilitas yang terdapat di pantai ini antara lain :

  • Area Camping
  • Cafetaria
  • Area Pelelangan Ikan
  • Musholla
  • Tempat Parkir
  • Toilet

Informasi Harga

Pantai Ngrenehan, sumber ig abdugp
Pantai Ngrenehan, sumber ig @abdugp

Untuk memasuki lokasi wisata, pengunjung akan ditarik biaya retribusi. Harga tiket masuk pantai sebesar Rp. 5.000 per orang. Selain harga tiket masuk, bagi yang datang dengan membawa kendaraan, perlu membayar uang parkir sebesar Rp. 3.000 hingga Rp. 15.000.

Informasi Tambahan

Pantai Ngrenehan adalah salah satu spot wisata yang berada di kampung nelayan. Sehingga di sini banyak ditemukan aktivitas nelayan dan terdapat berbagai ikan laut yang dapat dibeli dan dibawa pulang.

Demikian berbagai informasi terkait Pantai Ngrenehan Jogja. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi wisata Anda di Jogja. Nantikan berbagai update terbaru tentang obyek wisata Jogja di situs antarejatour.com.