+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Bukit Bintang Jogja adalah salah satu diantara berbagai spot wisata serupa yang terdapat di Indonesia. Selain bukit bintang Jogja, terdapat juga spot serupa seperti di Bogor, Bandung, Semarang dan lainnya. Spot wisata ini memang memberikan sensasi pemandangan yang berbeda karena hanya terlihat mulai saat senja hingga malam hari.

Berbagai lokasi wisata ditawarkan di Jogja dengan berbagai keindahan. Terdapat hutan pinus, pantai, bukit asri, desa wisata, keraton, museum dan berbagai tempat lainnya. Karenanya, Jogja memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia yang ramai dikunjungi saat musim liburan tiba.

Berbagai fasilitas wisata juga tersedia untuk memudahkan kunjungan wisatawan. Terdapat berbagai hotel dengan harga mulai dari yang terjangkau, hingga luxury. Terdapat juga layanan transportasi wisata yang menyediakan rental mobil, rental bus dan rental motor. Untuk paket lengkap, terdapat layanan paket wisata Jogja yang mengakomodir transportasi, penginapan dan guide sekaligus.

Bukit Bintang adalah salah satu spot wisata di Jogja yang ramai. Terutama saat sore hingga malam hari. Apa yang menjadi daya tariknya? Simak beberapa informasi terkait pesona, lokasi, rute, fasilitas dan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di spot wisata Jogja yang satu ini.

Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang, sumber ig wonderfuljogja
Bukit Bintang, sumber ig @wonderfuljogja

Bukit Bintang Jogja sebenarnya hanyalah lintasan yang terdapat di tanjakan menuju pusat Kabupaten Gunung Kidul. Lintasan ini merupakan jalur lereng gunung yang menyajikan pemandangan landscape Jogja. Namun pemandangan ini begitu menarik hingga spot ini mendapat kunjungan yang ramai.

Bukit ini bernama asli Bukit Hargo Dumilah. Hargo Dumilah merupakan nama daerah tempat spot ini berada. Yaitu jalur dari Jogja menuju Pathuk yang juga berbatasan dengan Bantul. Sebelumya spot ini tidak begitu mendapat perhatian oleh karena kebanyakan wisatawan hanya melewatinya untuk menuju berbagai obyek wisata pantai di Gunung Kidul.

Namun pemandangan yang indah membuat banyak penumpang kendaraan yang melintas ingin menikmatinya. Hingga jalur ini menjadi salah satu spot untuk menikmati pemandangan Jogja dari atas ketinggian. Selain itu, antara siang dan malam hari dapat ditemukan pesona yang berbeda.

Jika pada siang hari tersaji pemandangan hijau dan atap-atap pemukiman penduduk serta jalur Wonosari di area Piyungan dengan kendaraan yang berbaris, malam hari terlihat panorama yang lebih indah. Dari atas bukit ini akan terlihat kerlap-kerlip lampu yang berwarna warni ditengah langit gelap yang syahdu.

Bukit Bintang di Siang Hari, sumber ig nina_rakhmawati
Bukit Bintang di Siang Hari, sumber ig @nina_rakhmawati

Pemandangan malam hari inilah yang menjadikan spot ini disebut sebagai Bukit Bintang. Karena kerlap-kerlip lampu yang berwarna-warni ini terlihat bagaikan bintang di langit yang gelap. Spot ini juga bisa tampak dari bawah Jogja seperti bukit dengan barisan lampu yang berwarna warni.

Dengan keindahan ini, pengunjung area ini semakin ramai dan menjadi spot wisata. Meski hanya sebagai jalur lalu lintas dan tidak mungkin dibangun menjadi tempat wisata resmi, namun tetap bisa menjadi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Di sini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan ditemani dengan jagung bakar yang dijajakan penjual dan minuman sachet yang diseduh. Terdapat juga berbagai tempat makan dan restoran yang khusus menyediakan lokasi diner dengan pemandangan bukit bintang.

Kebanyakan pengunjung memang hanya sekedar ingin menghabiskan waktu menikmati pemandangan khas di malam hari. Banyak juga yang mengabadikannya dengan mengambil foto sekaligus memposting di akun media sosial milik pribadi. Aktivitas di lokasi memang hanya berkisar sebagai lokasi nongkrong untuk menikmati pemandangan yang ada.

Bukit Bintang, sumber ig dheekudit
Bukit Bintang, sumber ig @dheekudit

Lokasi dan Rute

Untuk menuju ke spot wisata ini, petunjuk lokasinya sangat mudah. Hanya tinggal mengetahui apa tanda yang terdapat di spot wisata ini. Sebab lokasinya merupakan perlintasan dan bukan tempat wisata yang memiliki plank nama lokasi wisata.

Jika dari Jogja, bukit bintang berada di area timur. Yaitu di lereng Gunung Kidul Jogja yang dilewati untuk menuju Wonosari. Sehingga dari titik nol mengarah ke Jalan Wonosari. Sesampainya di Jalan Wonosari dilanjutkan hingga bertemu Piyungan. Kemudian menanjak hingga bertemu dengan jalur yang serupa dengan jembatan.

Di lokasi ini juga terdapat banyak rumah makan yang tampak berada di pinggir jalan yang berbatasan langsung dengan tebing. Jika sudah bertemu tanda-tanda ini, Anda berarti sudah berada di sekitaran lokasi wisata.

Jadi Bukit Bintang Jogja lebih tepatnya berada di Area Kebun, Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak tempuh dari Jogja menuju lokasi berkisar 20 km dengan waktu 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Disarankan menggunakan roda empat dan tidak disarankan menggunakan motor matic roda dua.

Nama : Bukit Bintang
Lokasi : Area Kebun, Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Fasilitas

Di sekitar lokasi, Anda akan menemukan banyak tempat. Tempat-tempat ini bukan merupakan fasilitas lokasi wisata karena spot ini bukan merupakan lokasi wisata. Namun keberadaan tempat-tempat ini bermanfaat bagi pengunjung seperti :

  • Tempat makan dan restoran
  • Spot untuk duduk
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat Parkir

Informasi Harga

Untuk mengunjungi lokasi, Anda hampir tidak perlu mengeluarkan biaya. Kecuali apabila ingin memarkir kendaraan. Maka Anda perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000. Selain itu adalah biaya kebutuhan pribadi seperti makan dan minum yang dapat Anda beli pada tempat makan dan restoran yang terdapat di lokasi.

Restoran di Bukit Bintang, sumber ig themanglung
Restoran di Bukit Bintang, sumber ig @themanglung

Informasi Tambahan

Waktu yang tepat untuk melihat suasana “bukit bintang” adalah mulai malam hari. Sehingga disarankan untuk datang mulai saat senja. Apabila beruntung, Anda akan mendapatkan pemandangan sunset sebelum melihat bukit bintang pada malam harinya.

Saran lainnya adalah kewaspadaan. Lokasi ini berada di tebing ketinggian. Sehingga sebaiknya mematuhi jarak aman. Sebab, meski tidak harus berada di paling pinggir, Anda tetap dapat menikmati pemandangan dengan maksimal.

Itu dia ulasan terkait bukit bintang Jogja untuk Anda. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran dan bisa bermanfaat untuk menjadi referensi wisata Anda di Jogja. Simak juga obyek wisata bukit Jogja lainnya di halaman antarejatour.com.