+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Yogyakarta atau Jogja memang menjadi primadona Wisatawan untuk berkunjung. Apalagi ketika hari libur Nasional seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Tahun Baru Hijriah, Tahun Baru Masehi, dan hari libur lainnya. Wisatawan yang berkunjung berasal dari berbagai daerah di Indonesia hingga wisatawan mancanegara.

Gak perlu mahal-mahal untuk menikmati keindahan Kota Jogja saat malam hari, karena banyak objek wisata malam yang bisa Anda kunjungi tanpa harus membayar tiket masuk, Anda hanya perlu membayar biaya parkir. Apa saja objek wisata malam yang menarik di Jogja yang patut untuk Anda kunjungi, berikut informasinya Kami berikan untuk Anda:

Titik Nol Kilometer Jogja, Sumber IG @dyahojang
Titik Nol Kilometer Jogja, Sumber IG @dyahojang

1. Titik 0 Km Jogja

Titik Nol Kilometer merupakan sebuah persimpangan di Kota Jogja yang menjadi favorit untuk nongkrong ketika malam tiba. Walaupun hanyalah sebuah persimpangan, namun persimpangan Titik 0 Km Jogja bukanlah sebuah persimpangan biasa karena di persimpangan ini bisa dibilang sebagai titik tengah Kota Jogja.

Di Titik 0 Km Jogja Anda bisa menemukan area pedestrian yang cukup luas untuk menampung ribuan wisatawan sepanjang harinya. Area pedestrian disini telah menggunakan batu marmer sebagai alas utama para wisatawan untuk berpijak. Sehingga membuat area pedestrian Titik 0 Km Jogja menghadirkan kesan yang mempesona dan nyaman untuk ditongkrongi.

Dengan lokasi yang sangat strategis diantara gedung-gedung tua buatan penjajah kolonial Belanda mampu menyulap area ini menjadi bernuansa klasik yang eksotik sehingga sangat banyak Wisatawan yang mengabadikan momen berwisata di tempat ini dengan berfoto.

Ditambah di sebelah utaranya terdapat pusat keramaian wisata Jogja yaitu Jalan Malioboro. Sehingga ketika Anda nongkrong di persimpangan Titik 0 Km Jogja benar-benar merasakan suasana Jogja yang begitu syahdu.

Tugu Jogja, Sumber IG @sayafotoin
Tugu Jogja, Sumber IG @sayafotoin

2. Tugu Jogja

Tugu Jogja adalah monumen sentral di Kota Jogja yang wajib dikunjungi oleh wisatawan dengan arsitekturnya yang kental budaya Jawa. Ada pepatah yang bilang bahwa mengunjungi Jogja tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Tugu Jogja. Bentuk Tugu Jogja yang satu ini bisa dikatakan “Jogja Banget” karena memang arsitekturnya disesuaikan dengan budaya jawa yang kental akan seni. Tugu Jogja boleh dibilang tempat yang sangat asyik untuk menghabiskan malam Anda saat berkunjung ke Jogja.

Apalagi komplek Tugu sekarang sudah tertata lebih rapi dengan adanya monumen baru di sebelah tenggara sebagai pelengkap kawasan Tugu Jogja. Monumen baru tersebut menegaskan Tugu sebagai filosofi garis lurus imajiner antara Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, dan Pantai Selatan Parangtritis.

Selain itu, banyak kuliner di sekitar kawasan Tugu Jogja, mulai dari Gudeg, Kafe, Angkringan, ataupun sekedar minuman ringan. Apabila Anda ingin ke kawasan Tugu Jogja paling tepat adalah malam hari, ketika cuaca sudah tidak panas dan kendaraan lebih lengang. Sehingga Anda dengan bebas mengabadikan momen berwisata Anda di tempat ini tanpa terhalang kendaraan yang lalu lalang.

Alun-alun Selatan Jogja, Sumber IG@irfan.setiaji
Pintu Benteng Selatan Menuju Alun-alun Selatan Jogja, Sumber IG@irfan.setiaji

3. Alkid (Alun-alun Kidul)

Alun-alun Kidul Jogja dikenal dengan nama Alkid Jogja merupakan objek wistaa malam yang tidak kalah diminati oleh wisatawan. Di tempat ini wisatawan bisa sekedar duduk-duduk dan bercengkrama sambil menyaksikan aktivitas yang dilakukan orang-orang di dalam Alkid atau melakukan aktivitas lainnya, seperti:

  • Melakukan kegiatan Masangin (melintasi dua pohon beringin dengan mata tertutup, maka semua apa yang kita inginkan akan terkabul).
  • Bersepeda memutar Alun-alun Kidul dengan sepeda tandem 2 atau tandem 3.
  • Menaiki Odong-odong dan sejenisnya atau becak mini untuk memutari Alun-alun Kidul.
  • Atau hanya sekedar berfoto untuk mengabadikan momen berwisata Anda.
Seven Sky Jogja, Sumber IG @rizkyaprian_rs
Seven Sky Jogja, Sumber IG @rizkyaprian_rs

4. 7 Sky (Seven Sky)

Seven Sky Jogja menawarkan pemandangan sunset yang indah dan ketika menjelang malam dapat menikmati pemandangan gemerlapnya cahaya Kota Jogja yang menakjubkan. Menikmati pesona Jogja sambil mencicipi makanan dan minuman yang enak dan cocok buat kantong, apalagi ditemani dengan musik, dan berbagai acara yang diadakan di tempat ini sewaktu-waktu jika Anda beruntung. Tentu hal tersebut akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bukan bagi Anda.

Seven Sky terletak di puncak Lippo Plaza Mall Yogyakarta, hampir setiap hari tidak pernah lepas dari kunjungan wisatawan apalagi menjelang sore hingga malam hari. Banyak spot-spot yang Instagramable yang tersedia di sini yang bisa Anda manfaatkan. Tidak hanya spot foto unik, tempat ini juga sekaligus cocok untuk melepas penat sambil menikmati matahari terbenam.

Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Jogja, Sumber IG @jokowarsito
Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Jogja, Sumber IG @jokowarsito

5. Jembatan Penyeberangan Orang Ambramarga

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang menghubungkan Ambarrukmo Plaza dan Grand Ambarrukmo Hotel. Nama Ambaramarga diambil dari bahasa sanskerta yang artinya sebuah jalan di angkasa. JPO Ambaramarga memiliki panjang 107 meter dan disertai 3 pintu akses. Dilengkapi dengan lift yang ramah difabel, tangga darurat, penerangan 24 jam, dan dan juga koridor di lantai 1 plaza ambarrukmo.

Di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan keindahan Kota Jogja saat malam hari, apalagi dengan suasana lalu lintas kendaraan yang melintas di bawah JPO. Selain itu, ketika Pukul 22.00 atau ketika Ambarukmo Plaza Mal tutup maka kegiatan nongkrong mulai terasa. Dengan banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan serta fasilitas tempat duduk atau lesehan untuk nongkrong yang tersedia di depan Hotel Ambarukmo dan Ambarukmo Plaza Mal.

Biar Anda gak penasaran dengan 5 objek wisata diatas, maka sempatkan diri Anda untuk berkunjung di salah satu atau kelima destinasi wisata tersebut. Yakin deh, akan akan terpukau dengan pemandangan Kota Jogja yang begitu menawan ketika malam hari.