Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya saja, tetapi juga dikenal dengan oleh-oleh khasnya yang sangat lengkap. Apabila Anda berkunjung ke kota ini, tidak perlu bingung memilih oleh-oleh. Disini disediakan banyak sekali oleh-oleh baik berupa barang ataupun makanan. Apabila Anda ingin memilih oleh-oleh berupa barang, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak di Wisata Perak Kotagede.

Wisata Perak Kotagede Yogyakarta terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta. Kotagede merupakan pusat kerajaan Mataram Islam pada zamannya. Bangunan-bangunan klasik yang mengisi kawasan ini menjadi daya tarik istimewa bagi wisatawan. Sebelum terkenal sebagai daerah pusat penghasil kerajinan perak, Kotagede menghasilkan kerajinan imitasi. Kerajinan perak baru muncul sejak abad ke-16. Usaha kerajinan perak di Kotagede sendiri konon diprakarsai oleh golongan bangsawan Keraton Yogyakarta. Dimulai ketika masa pemerintahan Panembahan Senopati yang memerintahkan abdi dalem membuat kerajinan perak untuk perlengkapan rumah tangga keraton.

Hal Menarik di Wisata Perak Kotagede

Sebagai daerah pinggiran Yogyakarta, Kotagede terdiri dari jalan-jalan yang sempit, dimana terdapat toko-toko perak tradisional dan rumah-rumah tua milik bangsawan dan pedagang kerajaan yang berubin mosaik, yang berjejeran di tepi jalan. Jika Anda ingin berjalan-jalan santai, Kotagede adalah tempat yang tepat. Di Kotagede, Anda pun dapat mengunjungi beberapa workshop dimana Anda dapat melihat proses pembuatan perak menjadi perhiasan dan pajangan yang cantik dan unik. Anda dapat melihat bagaimana tangan-tangan para pengrajin perak dapat menyulap perak menjadi barang-barang cantik dengan detil yang sangat rapi.

Wisata Perak sumber (rentalcarjogja.com)

Wisata Perak sumber (rentalcarjogja.com)

Wisata Perak Kotagede  ini sendiri telah ada sejak lama. Seni mengukir dan menempa perak sudah didapatkan masyarakat Kotagede secara turun temurun dari generasi ke generasi. Memang bangsawan Keraton memiliki peranan yang cukup penting dalam mengajarkan seni tersebut kepada masyarakat. Bangsawan Keraton dahulu sering memberikan pelatihan khusus kepada abdi dalem untuk membuat kerajinan dari perak.

Berawal dari kepelatihan tersebut, kerajinan Perak di Kotagede berkembang menjadi mata pencaharian masyarakat. Kemudian, lambat laun dengan seiring berkembangnya destinasi wisata di Yogyakarta, Kotagede berkembang menjadi satu-satunya wisata perak di Kota Pendidikan ini.

Tidak melulu soal perak, di Kotagede juga terdapat beberapa toko yang menjual kerajinan kulit dan batu akik. Disini juga banyak dijual makanan-makanan tradisional yang dapat dikunjungi ketika lelah menyusuri jalanan di Kotagede.

Ketika berkunjung ke wisata perak Kotagede juga jangan melewatkan destinasi wisata lain di Kotagede seperti makam Raja-Raja Mataram, Masjid Agung Kotagede, dan lain sebagainya.

Rute dan Lokasi

Wisata Perak ini berlokasi di Kotagede Yogyakarta. Disana akan dijumpai banyak sekali pengrajin dan pengusaha perak. Letaknya yang tak jauh dari pusat Kota Yogya, membuat destinasi wisata ini mudah sekali diakses.

Apabila, Anda berada di Bandara Internasional Adi Sucipto, maka Anda perlu mengambil arah kiri menuju Janti kemudian menuju Ring Road. Setelah itu ambil arah kanan untuk keluar Ring Road, kemudian jalan terus hingga tiba di perempatan setelah melewati Jogja Expo Center atau JEC. Lalu belok kiri hingga tiba di Kebun Binatang Gembira Loka dan lurus saja hingga tiba di Kotagede.

Klik: Paket Wisata Jogja

Akan lebih eksotis lagi apabila menuju tempat wisata perak tersebut dengan menggunakan andong atau becak, sehingga dapat menikmati keindahan dan keramahtamahan Kota Yogyakarta.  

Harga Kerajinan di Wisata Perak Kotagede

Tidak dipungut tiket masuk untuk memasuki wisata perak ini. Anda tinggal berkunjung ke rumah-rumah penduduk yang menjadi pengrajin perak untuk melihat proses membuatnya.Sedangkan, apabila Anda ingin membeli kerajinan perak sebagai oleh-oleh Anda dapat mengunjungi toko-toko perhiasan perak di sepanjang jalanan di Kotagede.

Wisata Perak sumber ig @jamelatour

Wisata Perak sumber ig @jamelatour

Harga kerajinan yang berlapis perak hanya dibandrol harga mulai dari Rp. 50.000,00 hingga jutaan rupiah. Harga tersebut berbeda-beda sesuai dengan tingkat kerumitan dalam membuatnya. Kerajinan yang dijual dapat berupa perhiasan, aksesori seperti bros, miniatur, bahkan hiasan dinding.

Demikian ulasan menarik tentang Wisata Kerajinan Perak Kotagede Yogyakarta. Semoga ulasan ini dapat menambah referensi belanja oleh-oleh khas Jogja jika Anda berkesempatan berwisata ke Yogyakarta. Jadi Yuk ajak keluarga, teman dan sahabat berlibur ke sini. Baca juga ulasan kami mengenai 7 Tips Liburan Menyenangkan yang Harus Dicoba. Selamat berwisata!