+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Salah satu yang biasanya menjadi pelengkap dalam kegiatan kunjungan wisata adalah berbelanja oleh-oleh. Banyak lokasi-lokasi obyek wisata alam yang sekaligus menjajakan barang-barang khas daerah obyek wisata tersebut. Atau jika tidak terdapat langsung pada obyek wisatanya, dapat ditemukan di tempat-tempat wisata belanja seperti pasar tradisional dan sentra kerajinan daerahnya. Dengan mengunjungi tempat-tempat berbelanja khas daerah wisata yang kita datangi juga bisa menjadi agenda wisata tersendiri dan menjadi satu dengan paket wisata Anda.

Jogjakarta memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh para wisatawannya. Kota gudeg ini dengan tradisinya yang masih kental membuat banyak orang ingin mengetahui keistimewaan dari Jogjakarta. Selain melakukan kunjungan – kunjungan ke tempat wisata, tak kalah pentingnya pula jika kita berhenti sejenak untuk singgah di sentra kerajinan Jogja.

Wisata Belanja Sentra Kerajinan Jogja

Jogjakarta terkenal dengan budayanya yang kental dengan sejarah Jawa dan Indonesia. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan dari berbagai daerah. Salah satu yang menjadi kebudayaannya adalah menjadi seniman dan berkreasi dengan menghasilkan produk-produk seni khas Jogja seperti kain batik, kerajinan dan aksesoris. Nah, Bagi para wisatawan, berikut ini tempat-tempat berburu barang kerajinan khas Jogjakarta yang bisa Anda kunjungi.

1. Malioboro

Salah satu surge belanja bagi para wisatawan ialah Malioboro. Di Malioboro inilah kita dapat menemukan berbagai macam jenis kerajinan. Mulai dari pernak – pernik terkecil hingga batik yang bagus pun ada. Tinggal pintar atau tidaknya kita untuk memilih serta menawar di Malioboro. Karena di sana terdapat banyak lapak yang dibuka di sepanjang emperan jalan.

2. Pasar Beringharjo

Setelah sampai di ujung Malioboro, maka kita akan menemukan pasar Beringharjo. Pada pasar Beringharjo ini semua yang kamu cari pasti ada. Mulai dari makanan, minuman, hingga barang antik pun ada. Menurut sejarahnya, pasar Beringharjo merupakan pasar tradisonal yang usianya hampir sama dengan keraton Jogjakarta. Sejak dibangunnya pasar ini menjadi pusat kegiatan pengembangan dan pembangunan ekonomi.

Sentra Kerajinan Topeng Krebet Jogja, sumber ig wandraprima

Sentra Kerajinan Topeng Krebet Jogja, sumber ig @wandraprima

3. Pasar Maling

Pasar Maling merupakan pasar hasil relokasi dari pasar tumpah yang dahulu buka setiap malam di jalan Mangkubumi. Di pasar maling inilah kita dapat menemukan atau membeli pakaian , onderdil hingga barang antik. Barang yang dijual di sini pun beragam jenisnya, ada yang bekas ada pula yang baru. Tinggal kita sebagai konsumen memilih sesuai selera dan kebutuhan.

4. Manding

Apabila kita tertarik dengan fashion berbahan kulit, maka Mandinglah tempat yang cocok disingggahi. Manding menawarkan aneka kerajinan berupa bahan dasar kulit. Mulai dari tas, ikat pinggang, dompet, sepatu sampai aksesoris kecil lainnya seperti gantungan kunci pun diproduksi. Terkait dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau antara 70 ribuan hingga 1 jutaan. Ditambah lagi mengenai kualitas yang tidak kalah dengan produk bermerk, sehingga banyak pelancong mencari produk kulit di Manding.

5. Desa Wisata Krebet

Sebagian besar orang lebih mengetahui apabila kegiatan membatik dilakukan melalui media kain menggunakan malam. Akan tetapi lain halnya jika di desa Wisata Krebet ini, media kain digantikan dengan media kayu. Para pengrajin dengan tekun membatik di atas papan kayu. Dan hasilnya dapat berupa topeng, kotak perhiasan, cermin, wayang serta masih banyak lagi. Karena keunikannya inilah hasilnya dapat diekspor ke luar negeri.

6. Pasar Seni Gabusan

Waktu yang relatif singkat untuk mengunjungi tempat wisata, namun tetap ingin berbelanja maka Pasar Seni Gabusan dapat menjadi solusinya. Pada tempat ini kita akan melihat banyaknya kerajinan – kerajinan yang dibuat oleh ratusan pengrajin. Jenis barang yang dihasilkan antara lain; kerajinan dari kulit, kayu, bambu, logam, batik, hingga gerabah pun ada. Penjualannya pun sudah digolongkan berdasarkan bloknya. Sehingga lebih memudahkan kita sebagai wisatawan.

Demikian ulasan terkait tempat-tempat wisata belanja yang menjajakan kerajinan khas daerah setempat di Jogjakarta. Masih banyak lokasi-lokasi lainnya yang bisa Anda temui yang juga menjajakan produk-produk khas Jogjakarta yang belum dibahas pada kesempatan ini. Simak ulasan lainnya mengenai informasi-informasi dan tips-tips wisata Jogjakarta di halaman antarejatour.com. Semoga ulasan kali ini bisa menghibur dan menjadi informasi tambahan bagi para pembaca semuanya. Selamat berwisata!