+62 856-4080-0744 antarejatour@gmail.com

Jogja memiliki banyak pantai yang mempesona. Terutama pantai-pantai yang berada di garis pesisir selatan Jogja yang berbatasan langsung dengan samudera. Salah satu pantai yang patut untuk dicoba kunjungi adalah Pantai Sedahan. Pantai Sedahan memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan pantai-pantai Jogja lainnya.

Tidak sebagaimana pantai-pantai terkenal di Jogja seperti Pantai Indrayanti, Pantai Siung, Pantai Kukup dan pantai lainnya, Pantai Sedahan masih tidak begitu ramai. Meskipun begitu, selalu ada pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan spot yang satu ini. Karena tetap saja terdapat pesona yang berbeda dengan spot wisata sejenis lainnya di Jogja.

Untuk mengunjungi berbagai obyek wisata seperti pantai di Jogja yang berada di area yang jauh dari Kota Jogja, wisatawan tidak perlu khawatir. Terdapat berbagai petunjuk dan informasi yang bisa diikuti. Selain itu, terdapat juga berbagai jasa paket wisata, rental mobil wisata yang bisa memberikan layanan untuk mengunjungi wisata Jogja. Jadi, tidak perlu ragu meskipun baru pertama kali mengunjungi Jogja.

Area wisata ini berbentuk unik dengan segala keindahan alam yang terdapat di sekitarnya. Inilah yang menjadikan penasaran bagi beberapa wisatawan untuk datang dan menyaksikan langsung. Jika Anda juga penasaran, simak berbagai informasinya yang berhasil dirangkum tim redaksi antarejatour.com berikut ini.

Pantai Sedahan Jogja

Pantai Sedahan, sumber ig infojogja.co
Pantai Sedahan, sumber ig @infojogja.co

Jika Anda menyukai suasana alam pantai yang indah dan tidak ramai, Pantai Sedahan bisa menjadi salah satu yang Anda coba kunjungi. Obyek wisata ini masih sepi dan bisa dinikmati layaknya area bermain pribadi. Namun tidak berarti tempat ini sepi sama sekali. Masih terdapat beberapa pengunjung yang sama-sama penasaran dengan lokasi yang mempesona ini.

Area wisata ini memiliki bagian-bagian yang jarang terdapat di tempat lainnya. Lokasinya seperti teluk yang menjorok ke dalam membelah pulau. Pantai ini memang berada diantara dua bukit yang lancip melebar dari laut ke daratan. Sehingga area pantainya cenderung jauh dari deburan ombak.

Di sekitar pantai ini terdapat tebing dengan pepohonan hijau. Beberapa wisatawan memang menjadikan area ini untuk disusuri karena terdapat jalan setapak untuk menuju ke atas tebing atau bukitnya. Untuk area pasirnya yang berbatasan langsung dengan air, sering dijadikan area camp dengan mendirikan kemah pada jarak yang aman dari air laut.

Meskipun cenderung jauh dari ombak, namun sebagaimana pantai-pantai lainnya di area Gunung Kidul, tidak disarankan untuk berenang. Ombak di area pantai selatan Jogja ini cenderung besar untuk pengunjung yang tidak terbiasa menghadapi arus pantai. Sehingga lebih aman untuk tidak berenang dan memilih aktivitas lainnya.

Salah satu keunikan yang dapat ditemukan di pantai ini adalah area bertelur penyu. Penyu memang memilih tempat yang jarang disapu ombak sebagai tempat untuk menempatkan telurnya hingga menetas. Namun hal ini tidak selalu bisa ditemukan sebagaimana salah satu Pantai di Kulon Progo Jogja yang memang menjadi tempat penangkaran penyu.

Pantai Sedahan, sumber ig infowisatagunungkidul
Pantai Sedahan, sumber ig @infowisatagunungkidul

Aktivitas lainnya yang dapat dinikmati di lokasi ini adalah berfoto. Karena terdapat banyak pemandangan indah yang bisa menjadi latar foto. Dengan pasir putih, langit cerah dan air laut yang tampak kebiruan, tempat ini memang salah satu yang tergolong fotogenik. Foto-foto terkait pantai ini banyak beredar di media-media sosial.

Lokasi dan Rute

Pantai Sedahan berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini memiliki pintu masuk yaitu Pantai Wedi Ombo, Pantai Ngusalan, Pantai Ngreweng dan pantai lainnya. Karena berada di area sederetan pantai-pantai, kondisi rute cukup baik untuk menuju ke lokasi.

Rute yang ditempuh untuk menuju lokasi obyek wisata jika dari titik keberangkatan Kota Jogja menuju ke arah selatan yaitu Jalan Imogiri Barat. Setelah melewati Jalan Imogiri Barat hingga bertemu pertigaan ke arah timur Jalan Bakulan Imogiri. Setelah Jalan Bakulan Imogiri terus dilanjutkan hingga bertemu pertigaan dan menuju ke Jalan Imogiri Siluk ke arah barat.

Dari Jalan Imogiri Siluk kemudian bertemu pertigaan dan mengambil jalan ke arah Jalan Raya Panggang Wonosari ke arah timur. Kemudian perjalanan diteruskan lagi menuju Jalan Pantai Selatan Jawa. Dari Jalan Pantai Selatan Jawa kemudian masuk ke Jalan Wedi Ombok – Jungwok.

Jarak perjalanan dari Kota Jogja menuju Pantai Sedahan cukup jauh yaitu sekitar 85 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan. Karena jauhnya perjalanan, apabila berangkat dari Kota Jogja sebaiknya menggunakan kendaraan bermotor roda 4. Namun rute perjalanan bisa dikatakan mudah dijangkau.

Nama : Pantai Sedahan
Lokasi : Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883

Fasilitas

Seperti yang sudah diketahui, obyek wisata ini belum ada pengelolaan meskipun sudah terdapat pengunjung. Sehingga di sekitar lokasi belum terdapat fasilitas apapun untuk para pengunjung. Biasanya, para pengunjung memang singgah dan melanjutkan ke pantai lainnya yang terdapat di sekitar lokasi.

Informasi Harga

Untuk harga tiket masuk, dibayarkan saat bertemu di pintu masuk Wedi Ombo. Biaya tiket masuk menuju lokasi adalah Rp. 5.000 per orang. Namun biaya ini merupakan pembayaran satu pintu untuk seluruh pantai yang berada di Jalan Pantai Wedi Ombo – Jungwok. Selain biaya tiket masuk, diperlukan biaya parkir kendaraan mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 tergantung jenis kendaraannya.

Pantai Sedahan, sumber ig jogjakartaid
Pantai Sedahan, sumber ig @jogjakartaid

Informasi Tambahan

Para pengunjung juga menikmati malam hari di lokasi ini dengan mendirikan kemah di sekitar bibir pantai. Mereka ingin menikmati sunset dan pemandangan langit malam di lokasi. Aktivitas ini juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda.

Itu dia berbagai informasi terkati Pantai Sedahan Jogja untuk Anda. Semoga informasi ini bisa memberikan petunjuk bagi Anda yang ingin mengunjungi lokasi Pantai Jogja yang satu ini. Nantikan update informasi obyek wisata terbaru di antarejatour.com.