+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Kedung Pedut Yogyakarta adalah salah satu obyek wisata alam yang memiliki pesona yang tidak bisa terlihat di tempat-tempat lainnya. Obyek wisata ini disebut-sebut sebagai waterpark alami di Jogja. Jika membayangkan waterpark, tentu saja banyak wahana dan hiburan air yang bisa dinikmati.

Masih terdapat kedung lainnya dan wisata alam yang bertemakan permainan air lainnya di daerah Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Setiap obyek ini, tentu saja memiliki daya tariknya masing-masing. Jika penasaran dengan semuanya, paket wisata Jogja dengan paket wisata yang ditawarkan bisa mengakomodir perjalanan Anda ke berbagai tempat ini.

Kedung Pedut Yogyakarta, sumber ig jogjaku
Kedung Pedut Yogyakarta, sumber ig @jogjaku

Kedung Pedut memiliki keunikan dari sisi keindahan bentuknya, pemandangannya serta suasana alamnya. Nah, bagaimana gambaran seluruh keindahan dan aktivitas yang bisa dilakukan di obyek wisata kedung pedut Yogyakarta? Simak ulasannya berikut ini.

Kedung Pedut Yogyakarta

Kedung Pedut berasal dari dua kata yang berbahasa Jawa. Kedung bermakna genangan sedangkan pedut bermakna dalam. Sehingga kedung pedut adalah genangan yang hampir seperti sungai yang dalam namun berbeda dengan sungai. Sungai berbentuk panjang dan berarus, sedangkan kedung pedut genangan yang menyerupai kolam alami, dimana arus airnya berasal dari air terjun.

Kedung Pedut Yogyakarta berada di lokasi perbukitan atau kawasan dataran tinggi dimana di area ini terdapat banyak air terjun. Dengan banyaknya air terjun di kawasan ini, sedikitnya terdapat lima kedung yang bisa dikunjungi yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, Kedung Merang.

Pemandangan yang tersaji di sini ialah pemandangan selayaknya waterpark dengan berbagai wahana permainan air, namun masih alami. Tidak didirikan bangunan yang membuat suasana alaminya hilang. Air yang terdapat di kedung ini terkenal sangat mempesona dengan gradasi warna biru tosca dan putih jernih.

Selain itu, spot aliran air dan kedungnya berada di sela-sela bebatuan dan pepohonan sehingga memperlihatkan eksotisme hutan yang alami. Disetiap kedung akan tampak aliran air dan kolam alami dengan dihiasi tempat bersantai yang instagrammable.

Kedung Pedut Yogyakkarta, sumber ig 101project_beautifuljogja
Kedung Pedut Yogyakkarta, sumber ig @101project_beautifuljogja

Lokasi dan Rute

Kedung Pedut Yogyakarta berada di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika menempuh perjalanan dari Kota Jogja akan memakan waktu selama 1 jam 7 menit dengan jarak kurang lebih 35 Km.

Untuk rute yang ditempuh jika berangkat dari Kota Jogja adalah ke arah selatan. Melewati Jalan Mayor Suryotomo hingga bertemu perempatan kemudian ke barat melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan terus melewati Jalan R.E. Martadinata. Sesampainya di Jalan Wates, kemudian mengarah ke utara hingga ke perempatan kemudian ke barat melewati Jalan Godean. Ikuti jalan ini hingga melewati Jalan Raya Pasar Kenteng hingga sampai di lokasi wisata Kedung Pedut Yogyakarta.

Nama : Kedung Pedut
Lokasi : Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Fasilitas

Kedung Pedut baru resmi sejak Februari 2015. Pihak pengelola obyek wisata Kedung Pedut Yogyakarta telah membangun beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung obyek wisata ini. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  • Spot Santai
  • Jembatan Bambu
  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi area Kedung Pedut Yogyakarta hanya perlu mengeluarkan biaya retribusi sebersar Rp. 3.000. Sedangkan biaya lainnya yang diperlukan adalah parkir yaitu mulai dari Rp. 2.000 hinga Rp. 5.000.

Saran Tambahan

Kedung Pedut Yogyakarta, sumber ig omahyogyakarta
Kedung Pedut Yogyakarta, sumber ig @omahyogyakarta

Menikmati Kedung Pedut Yogyakarta tentu saja dengan cara berbasahan menikmati semua kedung yang ada. Meskipun begitu, terdapat beberapa kedung yang tidak bisa sembarangan dinikmati atau bahkan dilarang karena alasan keselamatan.

Menuju ke perbukitan dimana Kedung Pedut berada harus ditempuh dengan berjalan kaki. Termasuk untuk melihat seluruh spot-spot uniknya yaitu 5 Kedung dan beberapa sumber mata air. Namun tentu saja, rasa lelah yang didapatkan akan terbayar dengan keindahan pemandangan sekitar Kedung Pedut yang eksotis.

Jangan lewatkan obyek wisata ini tanpa aktivitas berfoto. Banyak sekali latar pemandangan yang bisa dimanfaatkan. Selain itu terdapat pula jembatan bambu dan spot-spot indah lainnya.

Demikian beberapa informasi menarik terkait obyek wisata Kedung Pedut Yogyakarta. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi wisata Anda di Jogja dan sekitarnya. Simak juga ulasan menarik lainnya terkait Pantai Gesing di halaman kami. Selamat menikmati wisata Anda!