Jika Anda memilih Jogjakarta sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu liburan Anda, Jogjakarta memang pilihan yang tepat. Di sini tersedia banyak sekali obyek wisata sekaligus fasilitas-fasilitas wisata yang memudahkan pengunjung wisata yang sebagian besar merupakan turis untuk menunju tempat-tempat wisata pilihannya. Obyek-obyek wisata di Jogjakarta terdapat di hampir seluruh kabupaten di Jogjakarta. Setidaknya terdapat 6 Kabupaten sekaligus kota di Daerah Istimewa Jogjakarta. Kabupaten Gunung Kidul, Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Kota Jogjakarta. Di seluruh daerah ini Anda dapat menikmati obyek-obyek wisata yang unik dan menarik. Selain itu fasilitas wisata yang ditawarkan juga banyak seperti jasa paket wisata, jasa rental wisata, hotel dan penginapan dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Salah satu obyek wisata yang terkenal dan unik adalah gumuk pasir parangkusumo. Anda pernah melihat film ayat-ayat Cinta dengan latar film gurun yang sangat luas? Jika Anda ingin pergi ke gurun seperti yang ada dalam film sutradara Hanung Bramantyo itu, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke India. Cukup pergi ke Gumuk Pasir Parangkusumo saja! Sesuai dengan namanya, pantai Parangkusumo memiliki tempat layaknya gurung sehingga dinamakan Gumuk Pasir. Rasanya kurang lengkap jika pergi ke pantai ini tanpa membawa seperangkat alat kamera untuk mengambil berbagai gambar dari angle yang berbeda.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo berada di jalan Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gumuk pasir ini masih satu kawasan dengan pantai Depok dan Parangtritis. Jadi bagi Anda yang penasaran dengan pantai Parangtritis yang melegenda, Anda hanya perlu menyusuri kawasan pesisir pantai sekitar 15 menit. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa menyusuri pantai-pantai lain setelah dari Parangkusumo. Antara satu pantai dengan pantai lainnya memiliki jarak yang cukup dekat bila ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Gumuk Pasir Parangkusumo

Jika Anda datang dari arah kota Yogyakarta, maka berkendaralah menuju Jok-Teng, dari Jok-Teng, maka berjalanlah menuju jalan Parangtritis. Untuk mencapai pantai Parangkusumo ini, Anda hanya perlu berjalan lurus saja selama kurang lebih satu jam. Jika Anda sudah melewati jembatan besar, maka kawasan pantai Parangtritis akan semakin dekat. Berjalanlah lurus sampai Anda menemukan TPR untuk membayar tiket masuk ke kawasn pantai.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, sumber ig rudicayo

Gumuk Pasir Parangkusumo, sumber ig @rudicayo

Untuk memasuki wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, Anda akan membayar tiket retribusi sebesar Rp. 10.000. Dengan modal tiket 10 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa berkeliling kawasanPantai Parangtritis. Anda bisa pergi ke Gumuk Pasir, Pantai Cemara Sewu, Pantai Depok dan masih banyak lagi pantai-pantai lainnya. Sementara untuk biaya parkir sepeda motor sendiri hanya sebesar Rp.2000 dan Rp. 3000 untuk mobil.

Menariknya di pantai Parangkusumo ini adalah ada banyak orang yang berjualan dan banyak warung-warung yang berdiri di sepanjang pantai. Jadi jika Anda lapar di tengah menyusuri kawasan Gumuk Pasir, Anda bisa beristirahat sejenak di warung-warung yang tersedia sambil menikmati es kelapa muda dan jajanan kecil lainnya.

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir adalah gundukan pasir besar yang menyerupai bukit karena pergerakan angin. Agar pengalaman Anda berwisata di Gumuk Pasir lebih menyenangkan, akan lebih baik jika Anda mencoba bermain sandboarding.
Bermainlah sandboarding pada saat menjelang matahari yakni sekitar jam setengah 5 sore. Anda bisa menaiki pasir sambil menikmati matahari terbenam dari pesisir pantai. Untuk bisa menyewa papan berseluncur ini, Anda bisa merogoh kocek sekitar Rp. 150.000. Jika Anda tidak pandai berselancar di atas pasir, maka Anda bisa mengambil gambar di kawasan pantai ini karena pemandangan Gumuk Pasir Parangkusumo ini tidak kalah indahnya dengan gurun sahara di India sana.

Obyek wisata ini hanyalah salah satu dari banyak obyek wisata lainnya yang unik dan menarik yang ada di Daerah Istimewa Jogjakarta. Ingat untuk selalu waspada dimanapun Anda berada dan jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan di sekitar kita. Demikian ulasan singkat mengenai obyek wisata gumuk pasir parangkusumo Jogjakarta. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadik referensi wisata Anda berikutnya. Selamat berwisata!