+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pergi liburan akan tetap menyenangkan dengan berbagai moda transportasi yang bisa digunakan. Seperti itulah keunikan manusia, banyak pilihan kendaraan yang dapat digunakan saat hendak berwisata menghabiskan waktu liburan. Saat berlibur, banyak yang mesti dipersiapkan seperti perlengkapan, biaya hotel dan transportasi yang akan digunakan.

Setelah menimbang-nimbang, biasanya banyak yang akan memilih untuk menekan pengeluaran. Seperti mengurangi pengeluaran untuk moda transportasi wisata karena menganggap transportasi tidak terlalu penting asalkan sampai ke tempat tujuan. Akhirnya menggunakan bus pun menjadi pilihan karena dianggap yang paling murah. Namun, bisakah tetap nyaman selama perjalanan? Pasalnya menaiki bus dengan jalannya yang bergelombang di daratan kerap kali membuat tak nyaman.

Tips menggunakan bus

Berwisata seharusnya memberikan kepuasan bagi kita. Jika ternyata tidak demikian, maka harus diketahui apa penyebabnya. Ternyata kurang persiapan bisa membuat kepuasan dalam berwisata menjadi berkurang. Ada saja hal-hal seperti ketertinggalan barang, ketidaksiapan biaya, kurang fit dengan cuaca yang mendadak berubah termasuk ketidaknyamanan ketika sedang dalam perjalanan.

Untuk tempat-tempat wisata yang jauh dari luar daerah, menggunakan bus memang menjadi andalan. Apalagi jika berangkat bersama rombongan, menyewa bus pariwisata bisa menjadi alternatif yang bagus. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum menggunakan bus saat hendak berwisata. Keamanan dan kenyamanan selama perjalanan patut menjadi perhatian utama. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengantisipasi perjalanan menuju tempat wisata menggunakan bus pariwisata.

1. Datang lebih awal ke terminal

Keuntungan dari datang lebih awal ke terminal adalah bisa mendapatkan nomor kursi penumpang yang diinginkan. Karena akan cukup menjengkelkan apabila datang di menit-menit terakhir keberangkatan. Bisa-bisa malah mendapatkan nomor kursi disamping toilet yang bau. Hal itu sangat tidak nyaman dan mengganggu perjalanan, bukan? Maka manfaatkanlah waktu-waktu persiapan jauh-jauh hari sehingga ketika pemberangkatan nanti Anda akan bisa mendapatkan kursi sesuai dengan yang Anda inginkan. Atau bisa juga melakukan reservasi. Bisa jadi di sekitar Anda terdapat layanan yang bisa reservasi sehingga sudah memilih tempat duduk sejak awal.

Obyek Wisata Jogjakarta, sumber ig kancadolan_

Obyek Wisata Jogjakarta, sumber ig @kancadolan_

2. Jaga barang-barang berharga

Hal ini penting untuk diperhatikan karena bisa saja kamera, uang tunai, ponsel dan laptop yang mungkin dibawa menarik perhatikan pencuri yang sedang mencari mangsa. Karena itulah sembunyikan tas yang berisi barang-barang berharga yang dibawa di tempat-tempat yang aman. Biasanya para wisatawan baru sadar ada yang hilang begitu sampai di tempat tujuan. Perhatikan pula wisatawan backpacker lain. Jangan mudah percaya terhadap orang asing. Untuk lebih amannya biasanya berwisata bersama kerabat atau teman-teman sehingga ketika sedang harus meninggalkan barang-barang kita bisa menitipkannya kepada teman-teman atau kerabat kita.

3. Bawa jaket dan syal

Kota yang panas, pengap dan polusi mungkin membuat enggan untuk membawa jaket. Namun saat sudah di bus yang memiliki pendingin di setiap kursinya, pasti akan merasakan kedinginan karena pendingin langsung mengarah ke penumpang. Karena itulah bawa jaket dan syal selama perjalanan karena akan membuat kenyamanan dan kehangatan selama perjalanan.

Syal yang dibawa pun bisa menjadi bantal yang nyaman apabila digunakan di leher atas atau sebagai penutup kepala. Selain itu juga apabila perjalanannya jauh bahkan sampai bermalam di bus, hindari penggunaan celana pendek atau celana berbahan jeans karena akan membuat kaki kedinginan. Sehingga hal itu sangat membuat tidak nyaman selama perjalanan, bukan?

4. Bawa camilan

Membawa makanan ringan selama perjalanan akan menekan pengeluaran dari membeli makanan yang tidak diperlukan. Memang bus akan berhenti di tempat-tempat istirahat, tetapi biasanya makanan-makanan yang ada disana tergolong mahal karena pajaknya yang besar. Maka dari itu, persiapkan makanan dan minuman dari rumah agar tidak merasakan lapar di tengah perjalanan. Membawa makanan ringan juga efektif untuk menahan kebutuhan toilet.

Demikian ulasan tips menggunakan bus saat berwisata. Masih banyak yang bisa Anda lakukan untuk persiapan yang lebih matang sehingga Anda bisa menikmati perjalanan Anda. Semoga bisa menambah informasi dan jangan lupa untuk menyimak informasi-informasi dan tips-tips wisata lainnya di halaman antarejatour.