Liburan menjadi hal yang ditunggu-tunggu tiap orang. entah itu suasananya, pengalamannya, hal-hal barunya, makanannya, tempatnya, kegiatannya, apapun. Semua itu adalah hal yang selalu diharapkan jadi hal istimewa tiap kali kita melewatinya. Pernahkah anda menikmati masa liburan yang tak sesuai espektasi hingga pada ujungnya menimbulkan kekecewaan? Tak asik bukan, jika hal yang ditunggu malah membosankan?

Lalu, Bagaimana cara kita mendapatkan masa liburan yang menyenangkan? berikut tips liburan menyenangkan yang harus anda coba :

1. Survei lokasi yang akan dituju dan siapkan plan

Mengapa hal ini penting? karena bisa jadi jika anda datang berkunjung lokasi yang anda tuju sudah tutup atau bahkan tidak beroperasi lagi. Jika yang didatangi ketika masa liburan adalah tempat objek wisata, maka carilah referensi sebanyak-banyaknya informasi yang up to date, karena beberapa tempat wisata yang terkenal di masanya gulung tikar di tahun berikutnya.

bertanyalah pada teman atau orang lain yang pernah berkunjung kesana, jadi selain anda dapat menghindari kemungkinan kecewa setelah sampai di sana, anda juga bisa belajar dari pengalaman mereka. apa yang penting sekali dan harus dibawa apa  yang tidak perlu. Berapa kira-kira anggaran yang di habiskan, kapan waktu terbaik berkunjung kesana dan sebagainya.

Kemudian, untuk menyiapkan plan cadangan, kenapa harus? Hanya untuk berjaga. Jika nantinya saat anda berkunjung ke lokasi liburan tempatnya tidak sesuai harapan, sudah tutup atau sebagainya anda punya rencana lain yang mungkin bisa jadi pilihan untuk liburannya menyenangkan. anda dapat menambah daftar list kunjungan yang dekat dengan lokasi agar tak memakan waktu.

Untuk mempermudah perjalanan dan memberi kenyamanan, anda bisa menggunakan travel wisata.

2. Nikmati sepenuh hati, dan lupakan sejenak rutinitas anda

Ya, tips liburan menyenangkan nomor tiga ini adalah poin terpentingnya. Mengapa karena pada intinya tujuan anda berlibur adalah untuk menyegarkan otak dan pikiran anda dari beban-beban sehari-hari. Bagaimana mungkin otak akan kembali fresh jika selama liburan anda tidak menikmatinya sepenuh hati dan tetap mengerjakan rutinitas anda? Itu sama saja.

3. Siapkan perlengkapan sebelum hari keberangkatan

Melakukan pengemasan atau packing barang-barang yang akan anda bawa sebelum keberangkatan akan mempermudah anda agar tidak tergesa-gesa jika sudah mendekati jam keberangkatan. Selain itu, ini perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan barang-barang penting akan tertinggal, seperti dompet atau obat-obatan pribadi. jika menyiapkannya dadakan, bisa jadi malah tertinggal bukan?

4. Lihat dan amati perkiraan cuaca

Jangan sampai anda salah musim saat berkunjung ke suatu tempat. Misalnya saja jika berkunjung ke luar negeri, jika kita sudah tahu musim apa yang kira-kira akan terjadi ketika kita ke sana, maka kita akan dengan mudah menyiapkan keperluan penting selama disana. jika sampai salah? siapa yang rugi?

5. Gunakan relasi

Lagi-lagi mempunyai jalinan pertemanan yang luas dan banyak akan membantu anda mudah dalam segala hal. Jika anda memiliki teman yang tinggal di daerah wisata yang ingin dikunjungi, mintalah dia untuk mengantar anda dan berlibur bersama selama anda singgah, anda tidak akan tersesat bahkan jika yang mengantar anda adalah orang asli disana dan paham tempat-tempat paling direkomendasikan. Menyenangkan bukan ?

6. Bawa bekal sendiri

Untuk lebih hemat, bawalah bekal makanan sendiri. anda akan lebih irit jika tidak jajan di luar karena anda membawa bekal makanan. namun tak ada salahnya juga anda mencoba jajanan pinggir jalan yang mungkin dijajakan di sekitaran tempat wisata jika anda mau mencoba kuliner disana.

7. Atur strategi perjalanan

Jika perjalanan liburan anda dalam waktu yang cukup lama, maka aturlah strategi perjalanan anda. Ada baiknya untuk wisata yang favorit dan pengunjungnya ramai, maka datanglah di hari kerja saat pengunjung tidak terlalu padat jika ingin lebih bebas berfoto. Kemudian juga, jangan lupa membawa kamera/smartphone lengkap dengan baterai cadangan.

Demikian beberapa tips liburan menyenangkan  yang dapat dapat dipraktekkan ketika anda berlibur, dan ingin liburannya menjadi asik dan tak terlupakan. Selamat mencoba.