Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan destinasi wisatanya. Tersedia banyak pilihan jenis dan obyek wisata di sini. Anda bisa berwisata ke pantai, bukit, desa, kota, pusat belanja, pusat kerajinan dan kuliner. Dengan keberadaannya yang merupakan destinasi wisata, banyak fasilitas atau jasa-jasa tour wisata yang tersedia termasuk hotel dan antar jemput. Wajar saja, dengan ini semua Yogyakarta dikunjungi oleh wisatawan terutama pada weekend dan bukan hanya wisatawan lokal namun juga termasuk wisatawan asing atau mancanegara.

Jika Anda ingin berlibur ke destinasi wisata yang tidak biasa-biasa saja dan ingin belajar sejarah, Anda dapat berkunjung ke Candi Prambanan Yogyakarta yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi prambanan terkenal dan pernah dinobatkan sebagai situs warisan dunia. Di tempat ini Anda tidak hanya dapat berfoto, tetapi juga dapat mengenal sejarah masa lampau asal muasal kerajaan kuno dan bahkan lahirnya Indonesia. Anda bisa menyima mulai dari kapan didirikan dan siapa saja yang terlibat dalam pembangunan candi Prambanan ini pada relief-relief yang tergambar di dinding candi. Penasaran kah? Yuk simak ulasan berikut ini.

Lokasi dan Rute Candi Prambanan

Candi Prambanan Yogyakarta terletak di Desa Prambanan yang jika dilihat secara administratif terbagi menjadi dua wilayah yaitu Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini terletak di tepi jalan raya Yogyakarta- Solo sehingga sangat mudah untuk di akses. Terdapat banyak fasilitas transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke sini. Untuk sampai ke lokasi ini, jika Anda dari arah Yogyakarta, Anda dapat menggunakan trans yogya maupun kendaraan umum lain nya. Apabila Anda dari arah Solo, Anda cukup mengeluarkan biaya Rp. 3000,- dengan menggunakan kendaraan umum. Sedangkan jika Anda berasal dari arah Klaten, dapat menggunakan bus jurusan Klaten-Prambanan.

Hal Menarik di Candi Prambanan Yogyakarta

Berbicara mengenai Candi Prambanan bukan hanya destinasi wisata biasa, tetapi banyak menyimpan cerita didalamnya yang dikutip dari cerita-cerita pendahulu dan warga setempat. Yaitu cerita mengenai Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso jatuh cinta kepada Roro Jonggrang, Roro memberikan syarat untuk membuat candi dengan 1.000 arca hanya dalam waktu semalam.

Bandung Bondowoso menyanggupi syarat tersebut, namun akhirnya di gagal kan oleh Roro Jonggrang. Belum genap membuat 1.000 arca, ayam jantan sudah berkokok menandakan hari telah pagi. Bandung Bondowoso yang mengetahui perbuatan Roro Jonggrang, akhirnya mengutuk nya menjadi arca yang ke-1.000.

Candi Prambanan, sumber ig jeancarlovizcaino

Candi Prambanan, sumber ig @jeancarlovizcaino

Struktur dari Candi Prambanan Yogyakarta ini menggambarkan kepercayaan Trimurti dalam agama Hindu. Kompleks nya memiliki tiga candi, yaitu candi Siwa, candi Brahma dan candi Wisnu. Relief- relief yang di pahat pada dinding candi menceritakan kisah Ramayana, selain itu ada relief kalpataru yang menggambarkan kelestarian.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang candi ini, Anda dapat mengunjungi museum yang terletak di kompleks candi. Dan yang paling di tunggu yaitu event pementasan Sendratari Ramayana yang di gelar setiap bulan pada bulan purnama. Banyak pengunjung yang menantikan pementasan ini. Selain itu seringkali terdapat even-even dan konser musik yang juga diadakan di lingkungan sekitar candi prambanan.

Cukup dengan membayar tiket Rp. 8.000,- Anda sudah dapat masuk ke lokasi wisata ini, bagi wisatawan asing membayar US$ 10. Tiket ini cukup murah bagi Anda untuk belajar tentang sejarah. Fasilitas di destinasi wisata ini juga cukup lengkap, mulai dari rumah makan, toko- toko cenderamata, bahkan disana ada warnet. Bagi Anda yang ingin bermalam juga sudah ada hotel maupun rumah penginapan yang dapat Anda sewa. Di lokasi ini juga sudah banyak pemandu wisata yang siap menemani Anda untuk menelusuri jejak- jejak sejarah peradaban Jawa- Hindu.

Demikian ulasan menarik mengenai obyek wisata Candi Prambanan. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan kunjungi dan rasakan sensasinya. Jangan lupa untuk ikuti terus informasi-informasi wisata Jogjakarta di halaman kami. Ingat untuk tetap waspada dan selalu menjaga lingkungan di sekitar tempat wisata kita bersama. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi referensi wisata Anda selanjutnya. Selamat berwisata!