+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Omah Salak adalah salah satu lokasi wisata alam yang unik dan terbilang baru di Jogja. Omah Salak bukan hanya sekedar wisata alam, namun juga tergolong wisata edukasi. Masih terdapat beberapa tempat wisata lainnya di Jogja yang menawarkan hal serupa seperti keindahan alam dan pengalaman untuk merasakan aktivitas warga setempat.

Contohnya seperti wisata kebun teh Nglinggo Kulon Progo. Lokasi wisata ini berada di bukit, bahkan di puncak bukit dengan pemandangan wisata yang luar biasa. Di kebun teh ini para pengunjung bisa menikmati pemandangan sekaligus mencicipi teh asli produksi warga setempat.

Tema yang sama juga ada di Omah Salak Jogja. Namun tentu saja, yang menjadi fokus di omah salak adalah buah salak yang menjadi salah satu produk terkenal dari Jogja. Nah, bagaimana daya tarik dan apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Omah Salak? Simak ulasan berikut ini.

Memetik Salak di Omah Salak, sumber ig anicintapooh
Memetik Salak di Omah Salak, sumber ig @anicintapooh

Omah Salak

Omah Salak adalah salah satu wisata alam dan sekaligus menjadi wisata edukasi di Jogja. Sebagaimana diketahui, Jogja adalah salah satu produsen salak pondoh. Hal ini menjadikan omah salak sebagai salah satu target wisata di Jogja yang berbeda dengan lokasi wisata lainnya.

Keberadaan desa wisata Omah Salak tidak terlepas dari bencana alam meletusnya Gunung Merapi Jogja. Lokasi perkebunan salak memang berada di sekitar dataran tinggi Gunung Merapi Jogja. Untuk Anda yang penasaran dengan tanaman salak pondoh dan ingin menikmati salak langsung dari pohonnya, Omah Salak sangat recommended untuk Anda.

Lokasi wisata Omah Salak baru didirikan sejak tahun 2011 yaitu bertepatan satu tahun setelah peristiwa bencana alam Gunung Merapi pada tahun 2010. Karena bencana alam ini memang menjadi cobaan yang besar bagi warga yang hidup dari hasil perkebunan salak di area Gunung Merapi.

Keberadaan Omah Salak memang menjadi sarana untuk perbaikan dan motivasi bagi para petani salak setempat agar kembali bangkit. Dengan berkolaborasi satu sama lain, maka Omah Salak akhirnya menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menari untuk dikunjungi.

Dikebun seluas 27 hektar ini, para pengunjung bisa menikmati salak dan melakukan beberapa aktivitas seperti menyusuri perkebunan salak, memetik salak, makan-makan, bahkan camping dan outbound. Jenis salak yang terdapat di sini juga beragam seperti Salak Pondoh, Salak Bali, Salak Gading dan sekitar 14 jenis salak lainnya.

Aktivitas di Omah Salak, sumber ig omahsalak
Aktivitas di Omah Salak, sumber ig @omahsalak

Lokasi dan Rute

Omah Salak berada di Dusun Kenteng, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman. Obyek wisata ini memang terbiasa didatangi oleh pengunjung baik keluarga bahkan hingga rombongan wisata. Sehingga kondisi jalan dan lokasi wisata sudah cukup mendukung untuk jenis transportasi apapun yang dipakai.

Rute yang ditempuh dari Kota Jogja adalah melalui Jalan Magelang, yaitu ke arah utara. Dari Jalan Magelang kemudian diteruskan menuju Jalan Turi. Masih diteruskan ke utara hingga berada di Jalan Tempel, hingga sampai ke pertigaan di dekat SMK 1 Muhammadiyah. Dari pertigaan kemudian belok ke barat menuju lokasi Agrowisata Omah Salak.

Nama : Omah Salak
Lokasi : Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi Sleman, Jl. Pojok, Pojok, Wono Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551

Fasilitas

Banyaknya aktivitas wisata yang dilakukan di Omah Salak tentu saja didukung dengan sejumlah fasilitas. Beberapa fasilitas yang terdapat di lokasi ini diantaranya :

  • Cafetaria / Tempat Kuliner
  • Camping Ground
  • Wahana Outbound
  • Homestay
  • Perkebunan
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Fasilitas lainnya.

Harga Tiket Masuk

Terdapat beragam biaya yang dikeluarkan untuk menikmati aktivitas di Omah Salak. Untuk tiket masuk sendiri, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000. Pengunjung juga bisa menikmati wisata Omah Salak sekaligus dengan mengeluarkan biaya per paket wisata yang berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 900.000.

Untuk menikmati aktivitas memetik dan membeli salak, harga jual per kilonya mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000. Serta biaya lainnya untuk aktivitas-aktivitas yang bisa dinikmati di lokasi wisata ini.

Omah Salak, sumber ig ulum_bahrul_
Omah Salak, sumber ig @ulum_bahrul_

Informasi Tambahan

Lokasi wisata ini sangat cocok untuk keluarga, terlebih lagi anak-anak. Dengan bertemakan wisata edukasi, anak-anak akan diajak untuk menikmati alam sekaligus diajarkan cara menanam, merawat serta memanen salak. Di sini juga terdapat paket workshop dan rekreasi. Sehingga Anda bersama keluarga atau rombongan wisata bisa menikmati beraneka ragam kegiatan yang ditawarkan.

Demikian beberapa informasi terkait Desa Agrowisata Omah Salak. Semoga bisa menjadi informasi tambahan dan bermanfaat untuk Anda. Simak ulasan lainnya tentang wisata alam pantai Gunung Kidul di halaman kami.