+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Kali Kuning Merapi merupakan salah satu dari banyak obyek wisata alam yang berada di sekitar area merapi. Kali Kuning memiliki daya tarik khas Gunung Merapi, gunung fenomenal yang sempat menjadi pemberitaan nasional karena peristiwa meletusnya gunung tersebut.

Meski sempat tertimpa bencana, namun tidak menjadikan Jogja sepi pengunjung. Setiap masa-masa berliburan, Jogja selalu ramai dikunjungi karena berbagai lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Jenis wisata yang ditawarkan pun bermacam-macam. Pengunjung yang kebanyakan merupakan rombongan atau keluarga dapat memilih banyak lokasi yang menjadi alternatif untuk dikunjungi.

Bukit Kali Kuning memiliki daya tarik wisata alam yang luar biasa. Selain karena lingkungan asri karena berbada di lereng gunung merapi, spot-spot wisata didalamnya juga berbeda dibandingkan obyek wisata sejenis lainnya.

Nah, keunikan dan daya tarik apa saja yang bisa ditemukan di lokasi wisata Kali Kuning Jogja ini? Simak deskripsi dan informasi yang berhasil dirangkum oleh redaksi paket wisata Jogja berikut ini.

Kali Kuning Merapi, sumber ig nandomirackle
Kali Kuning Merapi, sumber ig @nandomirackle

Kali Kuning Merapi

Kali Kuning merupakan aliran sungai yang berada di lereng Gunung Merapi, tepatnya 10 km sebelah timur Kota Jogja. Lokasi wisata Kali Kuning bukan hanya sekedar sungai, namun sungai yang berada di bukit di sekitaran lereng Merapi.

Aliran sungai merupakan lintasan lahar saat peristiwa meletusnya Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu. Meskipun berasal dari bentukan akibat bencana alam, Bukit Kali Kuning menjadi lingkungan hijau yang asri dan ditumbuhi pepohonan yang indah.

Saat ini obyek wisata Bukit Kali Kuning dikelola oleh pihak Taman Nasional Gunung Merapi. Dengan pengelolaan ini, terdapat fasilitas dan spot-spot wisata yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke lokasi ini. Termasuk beberapa tanaman dan pepohonan yang justru tumbuh akibat letusan Gunung Merapi, dijaga oleh pihak pengelola agar tetap lestari dan alami.

Bukit Kali Kuning memiliki mata air yang mengalirkan air melalui sungai yang melewati setidaknya beberapa kecamatan diantaranya Pakem, Cangkringan, Ngemplak, Kalasan dan Berbah. Dari bukit ini juga tersaji pemandangan bukit batuan Andesit yang mempesona.

Dalam perjalanan menuju Bukit, setelah turun dari kendaraan, para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan pinus, suara gemercik aliran sungai, kesegaram udara bersih dan alami serta hijaunya tanaman-tanaman yang terdapat di lokasi ini.

Beberapa tanaman dan pepohonan yang terdapat di area ini pun sedikit berbeda dan hampir tidak ditemukan dilokasi lainnya seperti Bungan Kantung Semar, Bunga Rasamal dan Bungan Puspa. Terdapat juga spot-spot foto yang dibangun tanpa merusak suasana alami dan pemandangan asli di sekitar obyek wisata alam ini.

Kali Kuning Park, sumber ig paramudicha
Kali Kuning Park, sumber ig @paramudicha

Lokasi dan Rute

Bukit Kali Kuning berada di Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi ini, perjalanan terbilang cukup lancar karena kondisi jalan yang sudah memadai. Hanya saja, para pengunjung masih harus berjalan kaki di jalan setapak sepanjang 1 km sebelum benar-benar sampai di lokasi wisata.

Rute yang dilewati untuk menuju obyek wisata ini dari Kota Jogja adalah ke arah utara menuju Jalan Kaliurang. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pasar Pakem ke arah timur. Dari Pasar Pakem ke arah timur Anda akan langsung menemukan lokasi wisatanya. Sebelum sampai lokasi, Anda harus berjalan kaki menuruni jalan setapak bebatuan sepanjang 1 km.

Jarak perjalanan dari Kota Jogja adalah sepanjang 27 km dengan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih setengah hingga satu jam. Bergantung pada padatnya lalu lintas dan kendaraan yang digunakan.

Nama : Bukit Kali Kuning
Lokasi : Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Fasilitas

Dengan pengelolaan pihan Taman Nasional Merapi, tentu saja sudah dibangun beberapa fasilitas yang memadai untuk melayani kunjungi wisatawan ke lokasi Bukit Kali Kuning diantaranya :

  • Pusat Informasi
  • Penginapan
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Area Parkir
Kali Kuning, sumber ig sayyidatunnisa98
Kali Kuning, sumber ig @sayyidatunnisa98

Informasi Harga

Kali Kinung termasuk salah satu wisata hemat yang terdapat di Jogja. Biaya masuknya hanya sekitar Rp. 3.000 rupiah. Sedangkan untuk kendaraan, dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk mobil dan yang sejenisnya.

Informasi Tambahan

Selain dikunjungi sebagaimana kunjungan wisata, Bukit Kali Kuning juga menyediakan wahana outbound dan camping (perkemahan). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan bertanya kepada pengelola terkait aktivitas ini. Tentu saja memerlukan biaya tambahan untuk menikmatinya.

Demikian ulasan terkait Bukit Kali Kuning untuk Anda. Semoga bisa menjadi koleksi informasi wisata Anda di Jogja. Simak ulasan lainnya terkait obyek wisata Sindu Kusuma Edupark di halaman kami. Selamat menikmati aktivitas wisata Anda.