Yogyakarta pada saat ini tidak hanya memiliki predikat sebagai kota pelajar saja. Yogyakarta pada saat ini telah menjelma menjadi kota wisata dengan sejuta keindahan alamnya. Banyak obyek wisata yang baru dan menarik serta unik untuk dikunjungi. Jika sebelumnya orang-orang hanya mengetahui bahwa wisata Jogjakarta hanya Candi, ternyata Jogjakarta memiliki banyak jenis wisata. Mulai dari wisata alam, pantai, bukit, lokasi belanja, pusat kerajinan, sejarah, museum, desa wisata dan lain-lain.

Jika Anda memilih untuk mengunjungi wisata alam di Jogjakarta, salah satu keindahan alam yang patut dikunjungi adalah keindahan alam di Gua Pindul Gunung Kidul. Gua Pindul merupakan salah satu potret keindahan alam di Gunung Kidul, namun bukan berarti Gunung Kidul merupakan satu-satunya objek wisata di sana. Gunung Kidul memiliki banyak sekali objek wisata dan harus dimasukkan ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi ketika berlibur di Yogyakarta, kota yang identik dengan keramahtamahannya.

Legenda penamaan Gua Pindul yang dipercayai dan dikisahkan turun temurun oleh masyarakat sekitar berasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari ayahnya. Saat sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu sesar yang ada di dalam gua. Gua tempat Joko terbentur tersebut dinamai Gua Pindul yang berasal dari kata dalam bahasa Jawa pipi gebendul yang berarti pipi yang terbentur.

Rute dan Lokasi

Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian. Begitulah kata pepatah yang sesuai untuk menggambarkan objek wisata satu ini. Untuk menuju ke Gua Pindul harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan naik turun dikarenakan letak geografis Gua Pindul yang berada di pegunungan. Namun hal ini tidaklah menjadi masalah bagi para peghobi biker atau trail. Tidak jarang juga perjalan ke goa pindul ini ditempuh dengan menggunakan sepeda. Semuanya bisa memberikan sensasi tersendiri bergantung selera masing-masing.

Gua Pindul tidak terletak di pusat Kota Yogyakarta. Gua Pindul berlokasi di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi tersebut memiliki jarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur, yaitu menuju arah Kota Wonosari, Gunung Kidul. Apabila Anda sedang berada di Pantai Baron, Krakal, ataupun pantai-pantai di sekitarnya, maka Anda tinggal berjalan ke arah utarasekitar 13 kilometer. Setelah itu, Anda akan menemukan sebuah desa bernama Gelaran. Maka, Anda telah tiba di objek wisata Gua Pindul, lokasi Gua Pindul berada di desa tersebut. Jika belum familiar, Anda bisa mencoba alternatif yaitu dengan menyewa jasa paket wisata Jogjakarta. Selain bisa langsung ke lokasi wisata, Anda juga akan diberikan pelayanan yang bisa menambah kenikmatan wisata Anda di Jogjakarta.

Hal Menarik di Gua Pindul

Gua Pindul, sumber ig ernawr

Gua Pindul, sumber ig @ernawr

Keindahan alam Gua Pindul Gunung Kidul tak kalah eksotisnya jika dibandingkan dengan objek wisata di Pulau Bali maupun pulau-pulau lainnya. Gua ini memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar sekitar 5 meter dan kedalaman antara 5 hingga 12 meter.

Salah satu daya tarik yang menjadi favorit wisatawan adalah kilauan air yang mengisi Gua Pindul. Air tersebut berasal dari mata air gedong tujuh. Selain itu, keberadaan stalagtit dan stalagmit yang indah membingkai kilauan air Gua Pindul juga menjadi alasan tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi objek wisata ini.

Gua Pindul terbagi menjadi tiga zona atau bagian, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Di zona terang Anda dapat melihat keindahan gua secara langsung. Di zona remang, hanya seberkas cahaya saja yang dapat masuk dan memantul pada dinding gua sehingga tercipta suasana remang. Sedangkan, di zona gelap Anda harus menggunakan alat penerangan untuk melihat keindahan gua ini.

Tiket

Untuk masuk ke Gua Pindul Gunung Kidul, Anda hanya akan dikenakan tarif retribusi sebesar sepuluh ribu rupiah per orang. Akan tetapi, akan dikenakan biaya tambahan jika Anda ingin melakukan kegiatan lain, seperti cave tubing, river tubing, ataupun susur gua.

Demikian beberapa ulasan menarik mengenai gua pindul. Semoga informasi ini berguna dan membantu Anda untuk menikmati obyek wisata yang satu ini. Simak ulasan menarik lainnya mengenai obyek-obyek wisata di Jogjakarta di halaman kami. Selamat berwisata!