+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Taman Bunga Amarilis Jogja merupakan obyek wisata jenis baru di Jogja. Biasanya Jogja terkenal dengan obyek wisata alamnya seperti pantai, bukit, air terjun dan obyek wisata alam lainnya. Namun kali ini, dibuka sebuah obyek wisata yang memiliki konsep taman bunga. Taman Bunga Amarilis salah satunya.

Dengan beragam obyek wisata yang tersedia, serta banyaknya jenis wisata yang ditawarkan, Jogja selalu ramai dikunjungi baik oleh pengunjung luar daerah hingga mancanegara. Pengunjung menjadi semakin nyaman dan bisa menikmati wisata di Jogja karena terdapat banyak sekali fasilitas wisata yang ditawarkan.

Beberapa fasilitas wisata di Jogja diantaranya seperti paket wisata Jogja, rental mobil wisata, sewa bus wisata, penginapan dan hotel, tempat kuliner, pusat perbelanjaan dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Taman Bunga Amirilis Jogja belum begitu lama viral menjadi pembicaraan termasuk menjadi berita di koran-koran lokal ternama. Pemandangan yang tampak memang berbeda dan bisa jadi belum pernah ditemukan di banyak tempat lainnya. Nah, bagaimana sebenarnya daya tarik obyek wisata Taman Bunga Amarilis? Simak ulasan berikut ini.

Bunga Amarilis, sumber ig deadsoymilk
Bunga Amarilis, sumber ig @deadsoymilk

Taman Bunga Amarilis Jogja

Jogja memang tempatnya orang-orang kreatif. Terdapat banyak sekali hasil kreatifitas warga Jogja yang kemudian menjadi daya tarik daerah dan wisata di sini. Beberapa obyek wisata kreatif yang dapat ditemukan di Jogja diantarnya stonehenge merapi park, Landmark merapi park, upside down world termasuk salah satunya Taman Bunga Amarilis Jogja.

Taman bunga Amarilis merupakan tanah seluas 2.350 meter persegi. Oleh pemiliknya Sukadi, tanah luas ini kemudian ditanami dengan tanaman bunga Amarilis. Ketika bermekaran, ternyata keindahan warnanya begitu menggoda sehingga banyak yang tertarik untuk melihatnya secara langsung.

Taman Bunga Amarilis Jogja baru dibuka sejak tahun 2015. Awalnya sang pemilik hanya sekedar membuat taman dengan tanaman bunga amarilis yang menjadi tampilan utamanya. Karena lokasinya berada di pinggir jalan sehingga sangat mudah terlihat dan mencolok karena warna bunganya yang unik, taman ini mulai mendapatkan kunjungan.

Dengan kunjungan yang ramai, serta kurangnya antisipasi pada awalnya, taman bunga mengalami kerusakan. Karena pengunjung yang sering memanfaatkan Taman Bunga Amarilis untuk berfoto tidak waspada dan menginjak-nginjak tanaman di sana.

Sekarang, dengan aturan yang diberlakukan serta biaya masuk yang sebenarnya dimanfaatkan untuk perawatan Taman Bunga Amarilis Jogja, lokasi ini sudah terjaga dan semakin menarik untuk dikunjungi.

Taman Bunga Amarilis Jogja, sumber ig bigg.boss2
Taman Bunga Amarilis Jogja, sumber ig @bigg.boss2

Lokasi dan Rute

Taman bunga Amarilis berlokasi di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Kota Jogja, perjalanan yang ditempuh sepanjang kurang lebih 27 km ke arah selatan dengan waktu tempuh kurang lebih 1-1,5 jam.

Rute yang ditempuh dari Kota Jogja adalah Jalan Jogja-Wonosari. Dari Kota Jogja masuk ke Jalan Wonosari melewati Piyungan menuju Kecamatan Patuk. Kemudian mengarah ke Desa Salam hingga sampai di Dusun Ngasem. Taman Bunga Amarilis langsung bisa ditemukan karena dapat terlihat dari Jalan Jogja-Wonosari.

Nama : Taman Bunga Amarilis
Lokasi : Ngasemayu, Salam, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Fasilitas

Aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Bunga Amarilis Jogja hanyalah berfoto dengan memanfaatkan pemandangan bunga sebagai latarnya. Sehingga fasilitas yang terdapat di tempat ini hanya seputar spot-spot foto bertemakan taman bunga.

Harga Tiket Masuk

Saat ini pihak pengelola taman bunga menarik biaya retribusi Rp. 10.000 untuk berfoto sepuasnya di taman bunga. Selain itu pengunjung juga perlu mengeluarkan biaya parkir berkisar Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000. Pengunjung juga bisa mendapatkan bibit bunga dengan membelinya di lokasi wisata.

Taman Bunga Amarilis Jogja, sumber ig rentalmobiljogja_nabiltrans
Taman Bunga Amarilis Jogja, sumber ig @rentalmobiljogja_nabiltrans

Informasi dan Saran Tambahan

Bunga Amarilis biasanya bermekaran hanya sekali dalam setahun selama dua hingga tiga minggu. Biasanya bermekaran pada saat awal musim penghujan. Jadi, jika Anda ingin mengujungi taman ini, kunjungilah pada saat masa-masa berliburan akhir tahun.

Semakin sering terkena hujan dan kondisi bunga yang semakin tua setelah bermekaran, maka bunga akan mulai berguguran. Jadi, para pengunjung perlu antisipasi dengan waktu kunjungan ke Taman Bunga Amarilis, yaitu pada saat-saat awal bunga bermekaran.

Demikian ulasan terkait Taman Bunga Amirilis Jogja untuk Anda. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan menjadi referensi wisata Anda berikutnya. Simak terus ulasan-ulasan wisata Jogja lainnya di halaman antarejatour.com. Selamat menikmati hari libur dan perjalanan wisata Anda.