Yogyakarta memang tak pernah berhenti memancarkan keindahan alamnya melalui objek wisatanya. Objek-objek wisata baru banyak bermunculan di Kota Gudeg ini dari tahun ke tahun. Objek wisata baru banyak bermunculan di setiap kabupatennya. Akan tetapi bukan berarti objek wisata lama semakin ditinggalkan. Objek wisata lama juga semakin memancarkan pesonanya, salah satunya adalah Pantai Indrayanti.

Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Pulsa, yang merupakan akronim dari Pantai Pulang Sawal. Nama resmi Pantai tersebut memanglah Pantai Pulang Sawal, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Pantai Indrayanti.

Pemberian nama Pantai Indarayanti Gunungkidul ini diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. Hal ini berawal dari papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran sehingga kemudian orang lebih mengenal pantai tersebut sebagai Pantai Indrayanti. Pemberian nama ini sempat mengundang kontroversi karena pemerintah Kabupaten Gunung Kidul telah memberi nama pantai tersebut, yaitu Pantai Pulang Syawal. Tetapi, nama Indrayanti terlanjur famiar di telinga masyarakat lokal maupun wisatawan. Sampai saat ini pun, pantai tersebut masih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti bahkan hingga ke mancanegara.

Pada akhirnya, pantai di Yogyakarta yang terkenal paling bersih ini lebih populer dengan sebutan Pantai Indrayanti. Peran aktif pihak swasta yang turut ambil bagian dalam pengelolaan Pantai Indrayanti Gunungkidul cukup membawa dampak positif. Hal ini dapat terlihat dari keseluruhan kawasan pantai yang terja kebersihannya, bahkan hingga sepanjang garis pantai bebas dari sampah.

Hal Menarik di Pantai Indrayanti

Masyarakat Jogyakarta, mungkin tidak ada yang tidak mengenal nama Pantai Indrayanti, pantai dengan pohon-pohon hijau menghiasi sisi tepi pantai, berpasir putih, air laut yang biru dihiasi terumbu karang sangat indah yang saat ini ramai dibicarakan. Hari demi hari makin banyak mengundang wisatawan untuk berkunjung karena keindahannya. Keindahan pantai ini memang tak ada duanya. Hamparan pasir putih sejauh mata memandang berpadu sangat indah dengan birunya gelombang laut. Ditambah lagi dengan birunya langit yang senada dengan warna lautnya.

Klik: Paket Wisata Jogja

Dua batu karang yang mengapit pantai seakan membingkai potret alam yang sungguh mempesona ini. Anda juga dapat membuat siluet indah di foto apabila datang ke pantai ini pada pagi hari ataupun sore hari ketika matahari mulai muncul dan akan terbenam. Pada saat seperti itu semburat sinar jingga akan semakin memperindah siluet di foto Anda.

Pantai Indrayanti sumber ig elah_nurnaelah23

Keindahan pantai yang mirip dengan Pantai Serang di Blitar ini telah dipromosikan di 12 negara. Maka tak heran apabila banyak wisatawan mancanegara yang ingin menikmati potret alam di pantai ini.

Hal ini bukan tanpa sebab. Pihak pengelola pantai tak segan-segan menjatuhkan denda atau hukuman pada para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Inilah salah satu alasan di balik kebersihan Pantai Indarayanti Yogyakarta tersebut.

 

Rute dan Lokasi

Pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dapat ditempuh dengan dua rute.

Apabila sedang berada di Kota Yogyakarta maka dapat melewati Jalan Piyungan menuju Wonosari. Kemudian dilanjutkan menuju Jalan Saptosari, lalu ke arah Tepus, dan belok ke timur sebelum ke arah Pantai Baron. Lalu dilanjutkan ke arah Pantai Sundak, Somandeng, dan tibalah di lokasi.

Baca juga: Tebing Watu Mabur Menanti Matahari Terbit di Yogyakarta

Kemudian, apabila sedang berada di Kabupaten Bantul, dapat melalui rute melewati perbukitan Dlingo. Kurang lebih sekitar satu setengah jam akan tiba di lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan pantai ini cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,00 di pintu masuk gerbong pos retribusi. Setelah itu Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan pantai ini, namun juga pantai-pantai di sekitarnya hanya dengan membayar uang parkir kendaraan saja tanpa membayar uang retribusi lagi.

Pantai Indrayanti sumber ig anditaep_gallery

Pantai Indrayanti sumber ig anditaep_gallery

Jadi kapan berencana berlibur ke Pantai Indrayanti Gunung Kidul ? yang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Kabupaten Gunung Kidul karena keindahan dan eksotis pantainya. Yuk ajak keluarga, teman dan sahabat berlibur ke sini, terutama bagi pecinta pantai yang senang bermain air dan menikmati suasananya. Dijamin seru dan asik pastinya. Selamat berwisata !