+62 857-4311-6403 jogjarentalcar@yahoo.com

Pantai Nguluran Jogja berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Pantai ini hampir tidak bisa dinikmati sebagai wahana bermain air. Lantas apa yang menjadi daya tarik Pantai Nguluran? Mengapa Pantai Nguluran ramai pengunjung bahkan katanya, ramai para pengunjung mengantri untuk menikmati salah satu fasilitas yang terdapat di Pantai Nguluran.

Sebelum membahas Pantai Nguluran lebih jauh, Jogja bagian selatan memang terkenal dengan pantai-pantai eksotisnya. Pantai-pantai ini berbeda dengan pantai-pantai di Bali dengan ombak yang cenderung tenang dan banyak bukit dan batuan karangnya. Meski sebagian pantai dari puluhan pantai di Gunung Kidul bisa disamakan dengan Pantai Bali, namun sebagian besar lainnya berbeda.

Berbedanya antara Pantai Jogja dan Pantai Bali bisa dikatakan dipengaruhi oleh lokasinya. Pantai Jogja dibagian selatan berada di pesisir Samudera Hindia. Sehingga pantai-pantai di Gunung Kidul ini memberikan panorama yang berbeda dengan pantai-pantai di Bali. Ombaknya besar-besar dan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang berbeda dengan bukit karang.

Untuk menjangkau keseluruhan pantai-pantai di Jogja, Anda tidak perlu khawatir. Jogja memiliki banyak fasilitas yang mendukung aktivitas wisata. Fasilitas tersebut diantaranya, biro perjalanan wisata, jasa paket wisata Jogja, rental mobil wisata, penginapan atau hotel, tempat kuliner serta fasilitas wisata lainnya.

Pantai Nguluran lebih dikenal sebagai lokasi swafoto dibandingkan dengan wahana bermain air. Nah, sebanarnya apa sih daya tarik wisata pantai yang satu ini? Simak informasi deskripsi, lokasi dan rute, fasilitas, harga dan informasi lainnya tentang Pantai Nguluran berikut ini.

Pantai Nguluran, sumber ig nariswaro
Pantai Nguluran, sumber ig @nariswaro

Pantai Nguluran Wonosari

Pantai Nguluran adalah spot foto terbaru di Jogja, yang fasilitasnya terbilang belum bisa ditemukan di spot foto lainnya. Awalnya lokasi ini termasuk fasilitas yang dibangun untuk mendirikan resort atau villa milik pribadi. Namun karena antusias para pengunjung, akhirnya pengelola membuka lokasi Pantai Nguluran menjadi obyek wisata untuk umum.

Spot foto yang terus dibicarakan ini adalah jembatan kaca atau sebagian menyebutnya sebagai teras kaca. Jembatan kaca ini dibangun dengan rancangan yang membuat para pengunjung berada di ujung tebing di ketinggian yang menghadap ke arah pantai secara langsung.

Jembatan kaca ini dibangun di lokasi seluas 1 hektar. Sejak awal memang dibangun untuk pribadi, sebagai wahana yang bisa dinikmati oleh keluarga pemilik villa. Karena konsepnya wahana, maka tidak ada yang berbeda dengan spot-spot wisata foto lainnya, hanya awalnya untuk pribadi, kini terbuka untuk umum.

Jembatan kaca ini dibangun sudah sesuai dengan standar keamanan yang tinggi. Spot-spot seperti jembatan kaca ini sebenarnya sudah terkenal di negara-negara lainnya, sehingga ini bukan pertama kalinya bangunan yang hampir seluruhnya merupakan kaca ini dibangun.

Setiap menaiki jembatan kaca, pengunjung maksimum hanya berjumlah 5 orang. Maka, pihak pengelola sudah mengatur agar tempat ini bisa dikunjungi oleh seluruh pengunjung. Karena kabarnya, para wisatawan yang ingin berfoto di sini bisa sangat banyak sehingga antriannya akan menjadi panjang.

Pantai Nguluran, sumber ig anagatourjogja
Pantai Nguluran, sumber ig @anagatourjogja

Lokasi dan Rute

Lokasi jembatan kaca Pantai Nguluran berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Akses menuju lokasi bisa dilalui dengan baik, namun ketika berada di dekat lokasi, sebaiknya tidak ditempuh kendaraan yang besar. Karena akses yang ada lebih aman ditempuh menggunakan roda dua dan jalan kaki. Untuk alternatif, bisa parkir di pantai yang ada di sekitar lokasi.

Dari Kota Jogja, perjalanan melewati Jalan Wonosari hingga menuju ke arah Pantai Gesing. Karena Pantai Gesing lebih mudah untuk dijadikan acuan. Dari Jalan Wonosari berjalan menuju daerah Patuk. Kemudian menuju Pasar Playen melewati lapangan terbang Gading. Kemudian ke arah Girikarto dan menuju Pantai Gesing dan Pantai Nguluran. Perjalanan dari Kota Jogja memakan waktu hingga 2 jam dengan jarak kurang lebih 60 km.

Nama : Pantai Nguluran
Lokasi : Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Fasilitas

Selain spot foto jembatan kaca atau teras kaca, fasilitas yang terdapa di Pantai Nguluran baru sekedar lokasi parkir dan toilet. Namun pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas yang terdapat di pantai-pantai sekitar Pantai Nguluran.

Informasi Harga

Untuk harga tiket masuk sekaligus berfoto di jembatan kaca, para pengunjung perlu membayar sebesar Rp 10.000. Biaya lainnya adalah parkir kendaraan yakni berkisar antar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Jembatan Kaca Pantai Nguluran, sumber ig shellygishel
Jembatan Kaca Pantai Nguluran, sumber ig @shellygishel

Informasi Tambahan

Pantai ini jarang dimanfaatkan sebagai wahana permainan sebagaimana pantai-pantai lainnya. Kebanyakan pengunjung hanya sekedar ingin berfoto diatas jembatan kaca Pantai Nguluran. Spot foto ini tidak direkomendasikan bagi yang takut dengan ketinggian, meskipun aman dan sesuai standar.

Demikian ulasan terkait Pantai Nguluran Jogja. Semoga bisa menjadi referensi kunjungan wisata Anda selanjutnya di Jogja. Simak ulasan wisata lainnya tentang Pantai Sadranan di halaman kami. Selamat menikmati liburan Anda.