Indonesia merupakan negara kepulauan yang banyak terdapat obyek-obyek wisata didalamnya. Banyak pulau, budaya, sejarah yang menjadi obyek-obyek yang memiliki daya tarik wisata yang luar biasa di Indonesia. Daerah-daerah seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan Yogyakarta sudah terkenal bahkan bagi turis mancanegara dengan daya tarik wisatanya. Selain itu muncul banyak daerah-daerah baru yang mulai terkenal dan didatangi oleh turis baik lokal maupun mancanegara seperti daerah Lombok dan Labuan Bajo.

Salah satu daerah wisata Indonesia yaitu Jogja adalah tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Jogja menawarkan banyak obyek-obyek dan jenis-jenis wisata. Obyek wisata alam, obyek wisata pantai, desa wisata, museum dan monumen bersejarah semuanya terdapat di Jogjakarta. Selain itu terdapat berbagai jenis wisata seperti wisata kuliner, budaya dan edukasi di Jogjakarta. Bagitu juga fasilitas wisatanya, mulai dari paket wisata, jasa rental kendaraan, penginapan dan hotel dan fasilitas-fasilitas lainnya. Namun, sebelum berlibur anda harus sudah memiliki rencana yang matang supaya liburan anda menjadi bermanfaat, seru dan tidak menghabiskan biaya yang tinggi. Bagaimana tips liburan ke Jogja yang seru dan murah? Berikut ini adalah beberapa cara agar bisa menghemat budget namun tetap mendapatkan liburan yang efektif dan memperoleh liburan yang nyaman.

4 Tips Liburan Ke Jogja Namun Tetap Hemat

1. Memilih Tempat Penginapan

Tips liburan ke jogja yang pertama adalah memilih penginapan yang murah selama liburan. Harga pengipan yang harus anda gunakan adalah maksimal Rp.100.000,-. Di Jogja banyak sekali tersedia penginapan yang tarif setiap malamnya di bawah Rp.100.000,-.

2. Gunakanlah Transportasi Yang Murah

Gunakan jasa transportasi yang murah, bisa menggunakan kendaraan umum atau menggunakan jasa sewa motor yang murah. Di Jogja banyak rental motor yang tarifnya Rp. 50.000,- untuk 24 jam.

3. Makanan Murah Meriah

Pilihlah menu makanan yang murah meriah, jangan makan di tempat yang mewah dan mahal. Lebih baik pilihlah makanan angkringan pinggir jalan, rasanya tetap enak dan murah harganya.

Hutan Pinus Mangunan, sumber ig kangtriatmojo

Hutan Pinus Mangunan, sumber ig @kangtriatmojo

4. Objek Wisata Murah

Kunjungi tempat wisata yang alami dengan karcis masuk yang murah. Jika anda ke Jogja banyak sekali tempat wisata yang murah bahkan gratis karcis masuknya. Datanglah ke alun – alun atau ke taman kota Jogjakarta.

Lokasi Dan Rute Menuju ke Hutan Pinus Mangunan

Salah satu obyek yang recommended untuk dikunjungi adalah hutan pinus mangunan. Obyek wisata ini baru-baru terkenal dengan spot-spot foto yang ciamik khas anak-anak muda generasi milenial. Bagaimana lokasi dan rute menuju ke lokasi wisata ini? Berikut sedikit ulasannya.

Hutan pinus Mangunan terletak di desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Jogjakarta. Hutan yang memiliki jarak 24 kilo meter dari pusat kota Yogyakarta. Yang bisa anda tempuh selama 54 menit menggunakan kendaraan pribadi. Rute yang harus anda lalui untuk sampai di hutan pinus ini adalah Jogja bagian selatan, anda bisa melalui Jl.Imogiri Timur menuju makam raja – raja imogiri. Ambil jalan pertigaan yang menuju ke arah hutan pinus Mangunan. Kemudian ikuti petunjuk jalan yang menuju ke arah pertigaan.

Harga Tiket Masuk dan Tempat Menarik di Hutan Pinus Mangunan

Untuk tiket masuk ke wisata ini masih belum disahkan secara resmi, anda bisa masuk dengan bebas ke tempat wisata ini bebas juga menggunakan kamera DSLR. Anda bisa berfoto sampai puas di beberapa tempat menarik hutan pinus Mangunan.

Di hutan pinus tersebut terdapat banyak tempat yang bisa anda jadikan tempat bagus untuk berfoto, mulai dari rumah pohon, taman bunga, ayunan, rumah hobbit, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke tempat wisata memang gratis hanya saja untuk biaya parkirnya anda harus membayar. Untuk kendaraan mobil Rp. 10.000,- dan untuk Bus Rp.20.000.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa tips wisata di Jogjakarta dan beberapa informasi tambahan mengenai obyek wisata hutan pinus mangunan. Ingat, tetaplah waspada dimanapun Anda berada dan mari bersama-sama kita jaga lingkungan sekitar kita untuk kebaikan bersama dan generasi yang akan datang. Jangan lupa untuk tetap menyimak artikel-artikel lainnya tentang wisata Jogjakarta di halaman kami. Selamat berwisata!