Menikmati keindahan alam di Jogjakarta adalah petualangan yang menyenangkan dan menakjubkan tiada habisnya. Salah satu nikmat alam yang ada di Yogyakarta adalah Tebing Watu Mabur. Watu Mabur berasal dari kata batu terbang yang berarti Anda akan merasa diajak terbang dengan sebuah pintu.

Bagi Anda pecinta alam bebas dan bukit yang indah, Tebing Watu Mabur ini adalah wisata yang sangat cocok untuk Anda kunjungi. Tahukah Anda asal usul nama dari Tebing Watu Mabur?. Sesuai dengan namanya tempat wisata ini berada di Tebing, dan Nama Watu Mabur tercipta ketika tebing tersebut seolah terlihat melayang di atas awan ketika lembah dibagian bawah dipenuhi dengan kabut pagi. Berfoto di atas tebing dengan kabut yang menyelimuti membuat seolah-olah tebing tersebut seperti terbang. Hal inilah yang menjadi minat masyarakat untuk berfoto di tempat ini karena memiliki latar pemandangan alam yang menarik.

Wisata Tebing Watu Mabur ini sering juga digunakan sebagai perkemahan atau Camping Ground. Karena lokasi yang berada di areal perbukitan tentunya Anda pasti akan merasakan kesejukan yang sangat luar biasa sekaligus menikmati permadani-permadani nan hijau yang menakjubkan.

Lokasi Tebing Watu Mabur

Lokasi Tebing Watu Mabur berada di Mangunan, RT.28, Lemahbang, Dlingo, Lembah Bang, Mangunan, Dlingo, Bantul. Untuk sampai ke daerah ini, Anda harus melalui jalan yang berliku di bukit Dlingo. Tetapi, jika Anda ingin merasakan pengalaman berwisata unik dan menarik di Yogyakarta bisa melakukan bersama kami. Karena, di provinsi kecil ini masih terdapat banyak potensi wisata yang menggoda untuk dikunjungi.

Nah, tempat wisata ini juga dekat dengan dua tempat wisata hits lainnya di Mangunan, yaitu kebun buah dan hutan pinus Mangunan. Jadi Anda bisa menjelajahi kedua tempat wisata tersebut jika memiliki banyak waktu.

Rute Menuju Tebing Watu Mabur

Jika Anda ingin berwisata ke Tebing Watu Mabur, maka arahkan kendaraan Anda mengikuti jalan ke arah ringroad selatan. Berjalanlah lurus sampai Anda menemukan Jalan Imogiri Timur lalu ikuti jalan tersebut sampai Anda menemukan pertigaan pasar Imogiri.

Setelah  pertigaan pasar ambillah arah melewati pemakaman raja-raja Yogyakarta di daerah Imogiri. Setelah sampai di kawasan makam raja-raja Anda akan melihat banyak rambu jalan yang membawa Anda ke Tebing Watu Mabur.

Tebing Watu Mabur sumber ig rachma_riza

Tebing Watu Mabur sumber ig rachma_riza

Anda akan menyusuri gang-gang sempit yang dikelilingi oleh rumah-rumah orang. Perjalanan yang agak melelahkan ini pada akhirnya akan terbayar ketika Anda tiba di tempat.

Harga Tiket Masuk Tebing Watu Mabur

Untuk memasuki wisata Tebing ini, Anda hanya akan membayar Rp. 2.000 untuk parkir dan Rp. 5000 untuk mobil. Wisata tebing Watu Lawang dijalankan oleh masyarakat setempat. Di sini orang dapat memiliki kesempatan untuk menikmati pemandangan lembah dan sungai yang indah dari ketinggian.

Di tempat wisata ini akan ada banyak orang yang berjual kopi dan beberapa cemilan. Cocok sekali dinikmati setelah Anda melalui perjalanan yang cukup panjang.

Spot Foto Indah Matahari Terbit dari Atas Awan

Objek Wisata Tebing Watu Mabur ini memiliki daya tarik tersendiri dengan pemandangan alam diatas perbukitan. Lokasi wisata ini masih berada di kawasan Goa Gajah Bantul. Kebanyakan para wisata Tebing Watu Mabur ini menanti matahri terbit yang muncul begitu ekstotis dan gagahnya, karena tebing tersebut terlihat melayang di atas awan pada saat lembah bagian bawah dipenuhi dengan kabut saat pagi hari. Daya tarik wisata ini yaitu pemandangan alam berada di atas bukit. Dari lokasi tersebut tampak pemandangan perbukitan sekitar Gunungkidul di sisi selatan dan timur. Pemandangan ke arah bawah terlihat terasering persawahan yang berbentuk pola yang menarik dan unik.

Tebing Watu Mabur sumber ig ervinda.malik

Tebing Watu Mabur sumber ig ervinda.malik

Selain itu, hal yang patut dikunjungi juga dari tebing watu mabur adalah replika rumah bambunya dengan atap jerami yang berdiri di tepi tebing. Di dalam rumah bambu, pengunjung bisa duduk di bangku kayu untuk melihat bukit-bukit di arah yang berlawanan. Anda bisa menghabiskan waktu di tempat ini sambil  mengambil foto sepuasnya. Daerah ini sangat teduh sejuk membuat Ada merasa nyaman untuk berlama-lama.

Di sini juga disediakan bangku bambu melingkar agar orang bisa duduk dan menikmati pemandangan. Adapula toko yang menyewakan permainan tradisional, seperti “egrang” atau tongkat panjang berjalan juga sandal kayu.

Menyeduh kopi dan menikmati pemandangan matahari terbit dari atas Tebing Watu Mabur, merupakan pengalaman wisata yang menyenangkan. Sangat Asri dan Nyaman bukan?. Saya jamin Anda pasti betah disana. Jadi Yuk ajak keluarga, teman dan sahabat berlibur ke sini. 

Demikian ulasan menarik tentang wisata Tebing Watu Mabur Yogyakarta. Baca juga ulasan lainnya mengenai Kebun Binatang Gembira Loka Bukan Sekedar Rekreasi. Selamat berwisata!